IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » BPH Migas Berpeluang Jadi Agregator Gas

BPH Migas Berpeluang Jadi Agregator Gas

Written By Indopetro portal on Thursday, 23 July 2015 | 13:47

indoPetroNews.com – Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) berpeluang menjadi badan penyangga penjamin ketersediaan gas dalam negeri (Agregator Gas). Untuk menjadi agregator gas, BPH Migas diwajibkan merubah kelembagaannya menjadi badan usaha terlebih dahulu.

"Mungkin (BPH Migas) akan jadi agregator. Kalau jadi BUMN pastinya BUMN khusus, kan kasihan nanti sama Pertamina atau PGN," kata Kepala BPH Migas, Andi Noor Someng, di Jakarta, Kamis (23/7).

Andi mengatakan lembaganya berpeluang menjadi badan penyangga gas tersebut. Meskipun sebelumnya pemerintah menyebut badan penyangga gas nasional akan berbentuk badan usaha. Dua badan usaha milik negara (BUMN) yakni PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk., sudah menyatakan kesiapannya untuk menjadi badan penyangga tersebut.

Salah satu alasan BPH Migas berpeluang besar menjadi badan penyangga gas nasional, adalah untuk mengurangi konflik kepentingan antara operator dan regulator. Nantinya fungsi BPH Migas akan sebagai regulator, dan badan usaha lainnya sebagai operator.

Meski menjadi regulator, sambung Andi, fungsi pembuat kebijakan tetap akan berada di tangan pemerintah. Pemerintah mempunyai kewenangan untuk menentukan standar aturan, mana yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan oleh agregator gas. Fungsi regulator hanya mengatur kebijakan yang telah dibuat oleh pemerintah.

“Kan badan usaha yang menjadi operator jumlahnya lebih dari satu. Kalau prinsipnya, ada tiga pilar yang masih dipertahankan. Itu bagus, tidak mungkin ada bentrok. Ada pembuat kebijakan, badan pengatur dan badan usaha," ujar dia.

Tugas badan penyangga gas selain penentu harga, juga mengatur berapa volume gas yang akan diimpor dan diproduksi. Badan penyangga juga akan mengatur siapa pelaku industri yang bisa bermain di bisnis gas ini. "Kalau tidak, siapa yang akan atur? Mirip zaman purba begitu?," ujar dia.

Pemerintah berencana membentuk badan penyangga yang akan menjamin ketersediaan gas untuk kebutuhan dalam negeri. Ketentuan mengenai pembentukan badan penyangga gas ini akan masuk dalam revisi Undang-Undang Minyak dan Gas Bumi yang sedang dibahas. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login