IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Ekspolrasi Migas, Pemerintah Jepang Protes China

Ekspolrasi Migas, Pemerintah Jepang Protes China

Written By Indopetro portal on Wednesday, 22 July 2015 | 08:50

indoPetroNews.com - Perseteruan teritorial wilayah perairan antara Jepang dan China terus berlanjut. Bahkan, Pemerintah Jepang secara resmi pada (21/7) menyampaikan kekecewaannya pada Pemerintah China. Soalnya, China dinilai membangun konstruksi eksplorasi gas dan minyak hingga ke perbatasan laut Jepang.

Kementerian Pertahanan Jepang menyampaikan konstruksi eksplorasi gas dan minyak China di Laut China Timur hampir menyentuh perbatasan wilayah perairan yang diklaim oleh kedua negara dan hingga kini belum disepakati pembagiannya.

Ia menyatakan China telah memulai konstruksi platform eksplorasi minyak dan gas di Laut China Timur. "Kami meminta pihak Pemerintah China untuk segera menghentikan proyek tersebut," ungkap pernyataan Kementerian Pertahanan Jepang yang dipublikasikan di Tokyo, Selasa.

Laporan Kemenhan Jepang menyebutkan China telah memulai konstruksi tersebut di Laut China Timur sejak dua tahun lalu. Jepang mencatat sebelumnya China pun pernah melakukan eksplorasi di wilayah tersebut tanpa terlebih dahulu menginformasikan pada Pemerintah Negeri Sakura.

Tokyo mengaku merasa was-was proyek konstruksi China akan terus melebar ke garis perbatasan. Apalagi, di wilayah itu Jwpang pun menempatkan stasiun radar untuk memantau aktivitaa laut negara itu. Kendati demikian, Reuters menyebutkan draf protes yang diajukan Pemerintah Jepang tersebut tidak mendetilkan lokasi eksplorasi lepas pantai yang dikhawatirkan akan menyentuh perbatasan Jepang.(*/ris)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login