IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Jelang Lebaran, Pertamina Beri Pelayanan Optimal

Jelang Lebaran, Pertamina Beri Pelayanan Optimal

Written By Indopetro portal on Friday, 3 July 2015 | 14:07

indoPetroNews.com - Tidak nampak hingar-bingarnya masyarakat dalam menyambut Lebaran Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 17-18 Juli 2015 mendatang. Selain faktor minimnya perputaran ekonomi, mungkin juga karena kurangnya minat membeli masyarakat saat ini.

Tetapi ada yang berbeda dengan PT. Pertamina (Persero). Untuk menjaga pelayanan saat menghadapi Lebaran, perusahaan plat merah tersebut tengah melakukan persiapan secara teknis dan non teknis. salah satunya mempersiapkan para pekerjanya menjelang Lebaran.

Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto mengatakan, untuk menghadapi Idul Fitri tahun ini, direksi Pertamina tak boleh mengambil cuti. Hal tersebut agar Pertamina bisa siaga menghadapi sebelum hari raya, maupun sesudahnya.

"Mengenai persiapan Lebaran, kami standby 7 hari sebelum dan sesudahnya, para direksi tak boleh cuti dan harus standby untuk menghadapi momen tersebut," kata Dwi, di Jakarta, Jumat (3/7).

Pertamina memperkirakan terjadi kenaikan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) saat Lebaran karena adanya arus mudik. Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina, Ahmad Bambang mengatakan, Pertamina memiliki program untuk meningkatkan stok untuk ketahanan energi untuk momen puasa dan Lebaran menjadi 19 hari dari normalnya 17 hari untuk Premium.

Sedangkan untuk Solar, perseroan mempunyai program untuk meningkatkan stok dari 20 hari menjadi 22 hari. "Untuk Premium sebelumnya rata-rata 80 ribu kilo liter (kl) per hari hari, saat puasa dan menjelang Lebaran naik jadi 160 ribu kl," kata Bambang.

Ia melanjutkan, dengan peningkatan stok BBM tersebut, maka akan berpengaruh kepada jumlah impor BBM. Dalam program pengamanan BBM saat puasa dan Lebaran, Pertamina akan meningkatkan impor 3 juta barel.

"Impornya kami naikan semua. Biasanya 8 juta barel per bulan. Khusus untuk puasa jadi pada Mei dan Juni masing-masing tambah 1 juta kl. Juli juga akan tambah 1 juta kl. Jadi 3 juta kl totalnya akan kami tambah selama Puasa dan Lebaran. Itu untuk Premium, sedangkan Solar separuhnya," ujarnya.

Sedangkan Vice President Domestic Gas Direktorat Pemasaran Pertamina, Basuki Trikora Putra menambahkan, saat momen puasa dan Lebaran, konsumsi Elpiji masyarakat juga meningkat. Kenaikan konsumsi Elpiji bisa 4 persen hingga 5 persen dari normal yang tercatat 20 ribu Metrik Ton (MT).

"Kami menghitung ada peningkatan 4 persen hingga 5 persen selama puasa dan Lebaran. Jadi kalau harian 20 ribu MT nanti akan naik jadi 21 ribu MT," katanya.

Menurut Basuki, saat kondisi normal, untuk memenuhi kebutuhan tersebut Pertamina mengimpor 6 kargo setiap bulan. Dengan meningkatnya konsumsi saat puasa dan Lebaran, Pertamina menambah impor Elpiji satu kargo.

"Kami normal satu bulan 6 kargo dam rencananya untuk Juni dan Juli tambah 1 kargo. Kami mengantisipasi kondisi normal ketahanan stok 17 hari hingga 19 hari. Itu melebih yang ditetapkan Kementerian ESDM 11 hari, yang penting kami jaga," ujarnya.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login