IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Jokowi Didesak Copot Dua Menteri

Jokowi Didesak Copot Dua Menteri

Written By Indopetro portal on Tuesday, 7 July 2015 | 13:54

indoPetroNews.com - Juru Bicara Gerakan Nasionalisasi Migas (GNM), Tedd Syamsuri mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mencopot dua menteri kabinetnya yang dituduh berkiblat pada Neoliberalisasi serta bertentangan dengan visi Nawa Cita dan Trisakti yang dikampanyekan Jokowi.

Kedua Menteri tersebut yaitu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said.

“Banyak anak yatim/piatu terpuruk dan ketidakmampuan daya beli akibat kebijakan kenaikan bahan bakar minyak (BBM),” ungkap Teddy yang juga Wakil Sekjen FKB KAPPI Angkatan 1966 dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (7/7).

Menurutnya, kenaikan harga BBM itu merupakan pemicu kenaikan harga pangan, energi dan inflasi. Ditambah lagi pertumbuhan ekonomi yang lemah dan melambat, pengangguran yang tak terhindarkan, komunitas orang yang hampir miskin menjadi miskin, dan merosotnya nilai uang rupiah, semua itu sumber masalahnya ada pada kenaikan harga BBM.

“Rini Soemarno dan Sudirman Said menjadi prioritas Menteri yang perlu di ganti, karena kabinet bidang perekonomian yang suka bikin gaduh ada pada dua kementerian ini,” jelasnya.

Dalam catatan GNM, penunjukkan Dwi Soetjipto dari Direktur Utama PT Semen Indonesia Tbk menjadi Dirut PT Pertamina (Persero) menggantikan Karen Agustiawan yang mengundurkan diri, sudahlah jelas ada maksud dibalik niat Rini selaku pimpinan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Pertamina, yang tidak menutup kemungkinan melakukan privatisasi terhadap BUMN Migas tersebut.

“Dwi adalah pejabat dibalik keberhasilan privatisasi industri semen setelah di merger. Hal ini bisa saja terjadi di Pertamina, ini yang perlu diwaspadai. Lihatlah saat Pertamina mendapat 70 persen kelola Blok Mahakam, padahal pemerintah yang punya saham 100 persen telah menetapkan 100 persen untuk Pertamina kelola Blok Mahakam,” jelasnya.

“Sangat tepat jika Menteri Rini dan Sudirman diganti, mengingat Sudirman Said juga mantan anak buah Arie Soemarno, kakak Rini, saat menjadi Dirut Pertamina,” tegas Teddy. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login