IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Kecuali Aceh, PI Blok Migas Pemda Maksimal 10%

Kecuali Aceh, PI Blok Migas Pemda Maksimal 10%

Written By Indopetro portal on Monday, 6 July 2015 | 10:08

indoPetroNews.com - Banyak Pemerintah Daerah (Pemda) yang mengajukan untuk memperoleh hak partisipasi atau participating interest (PI) di blok minyak dan migas (migas) di wilayahnya. Terbukti, saat ini sudah ada 13 Pemda yang mengajukan permohonan PI tersebut.
Hal itu seiring diterbitkannya Peraturan Menteri ESDM No.15 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Wilayah Kerja Migas yang Akan Berakhir Kontrak Kerjasamanya. "Pemda itu Aceh, Madura, Sumatera Selatan, Jambi, Maluku sampai Sumatera Utara. Tapi Sumut tidak terlalu minta. Dia cuma minta supaya warganya juga dipekerjakan di blok-blok migas," ungkap Direktur Pengusahaan Hulu Migas, Djoko Siswanto di Jakarta, (3/7).
Dari Pemda yang mengajukan permohonan, lanjutnya, Kalimantan Timur menjadi daerah yang paling banyak meminta besaran PInya, yakni mencapai 19 persen. "Akan tetapi, pemerintah pusat akan konsisten dan hanya bakal memberikan PI mencapai 10 persen sesuai dengan aturan yang berlaku. Ketetapan pemerintah sudah jelas, hanya 10 persen. Kalau mau 19 persen harus B to B," paparnya.
Hanya saja. khusus Aceh, pemerintah berjanji akan memberikan hak keistimewaan terkait pembagian PI blok migas. "Ini sejalan dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Bersama Sumber Daya Alam Minyak dan Gas Bumi (Migas) di Aceh, yang menjadi turunan dari perjanjian damai dan refleksi Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh," paparnya.
Untuk PI Blok Pase, lanjutnya, Aceh mintanya 25 persen dan sudah disepakati karena ada aturan dan ketentuannya, namun pemda yang lain maksimal 10 persen.
Saat ini pemda Aceh juga tengah mengajukan beberapa proposal lagi mengenai permohonan PI ke pemerintah pusat. Soalnya, di Aceh terdapat delapan blok migas.(*/ris)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login