IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Mafia Migas, Keseriusan Pemerintah Dipertanyakan

Mafia Migas, Keseriusan Pemerintah Dipertanyakan

Written By Indopetro portal on Wednesday, 8 July 2015 | 10:43

indoPetroNews.com - Program pemberantasan mafia migas dinilai tak serius. Pasalnya, sampai saat ini tidak ada satupun yang diseret dalam kasus mafia migas. Bahkan, Pemerintahan Jokowi-JK dituding hanya lips service dalam pemberantasan mafia migas tersebut.

Direktur Eskekutif Energy Watch Indonesia (EWI), Ferdinand Hutahaean mengatakan, sampai saat ini belum ada mafia migas atau pihak-pihak yang dihukum karena praktik kemafiaan dalam bisnis migas. "Isapan jempol belaka yang ada," ujar Ferdinand di Jakarta.

Menurutnya, beberapa kasus yang berkaitan dengan sektor migas yang sedang dan ditangani oleh aparat penegak hukum, bukanlah dalam upaya kampanye pemberantasan mafia migas yang digembar-gemborkan pemerintah. "Yang ada kasus bioremediasi yang melibatkan oknum PT Chevron dan sudah dihukum 4 tahun penjara, itu tidak dapat dikategorikan sebagai mafia migas," paparnya.

Bahkan, lanjutnya, kasus yang sedang ditangani KPK belum masuk ke tahap vonis, yakni kasus yang melibatkan Suroso sekitar 4 tahun lalu. "Kasus ini malah sempat mangkrak lama. Setelah KPK dipimpin Taufiequrrahman Ruki baru kasus itu dilanjutkan atas desakan kami juga," ujarnya.

Selain itu, pemerintahan juga tidak menunjukkan keseriusan dengan adanya pihak mafia yang ditangkap dan dihukum hingga setahun.

"Kasus-kasus yang sedang dalam proses, semuanya belum tentu akan menghukum para terduga atau para tersangka. Bisa saja di pengadilan malah bebas. Yang pasti, belum ada yang dihukum," terangnya. (*/ris)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login