IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Masyarakat Desak Pemerintah Turunkan Harga BBM

Masyarakat Desak Pemerintah Turunkan Harga BBM

Written By Indopetro portal on Thursday, 23 July 2015 | 08:59

indoPetroNews.com - Diketahui saat ini harga minyak dunia mengalami pelemahan, dan menyentuh level dibawah USD 50 per barel. Akibatnya berbagai kalangan mendesak pemerintah untuk menurunkan kembali harga bahan bakar minyak (BBM) sesuai harga keekonomian saat ini.

"Sesuai kebijakan pemerintahan Jokowi yang telah mencabut subsidi BBM dan menyerahkan harga BBM kepada mekanisme pasar, maka pemerintah wajib mengevaluasi kembali harga BBM dari harga yang ditetapkan saat ini," ungkap Ketua Komisi VI DPR RI Hafisz Tohir dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (22/7).

Hafisz menegaskan, penurunan harga BBM diharapkan bisa kembali menggairahkan sektor ekonomi Indonesia. "Merangsang kembali daya beli masyarakat yang sempat down di mana selama ini daya beli (sektor konsumsi) menjadi salah satu andalan di sektor ekonomi untuk menekan laju inflasi," sebutnya.

Menanggapi hal ini, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, PT Pertamina (Persero) selaku BUMN penyalur BBM masih menghitung berapa besaran harga Premium dan Solar. Terlebih lagi, Pertamina memang mengisyaratkan akan melakukan perubahan harga, baik untuk Premium, Solar dan Pertamax Series pasca Lebaran

"Kalau kita melihat kan ada dua aspek harga minyak dunia dan kurs. Mereka (Pertamina) lagi hitung," kata Sudirman.

Diakui Sudirman, jika mengikuti teori yang ada, yakni menurunnya harga minyak dunia, seharusnya harga BBM terjadi perubahan. Namun, hal tersebut harus dipastikan secara matang.

"Kan kemarin, dia (Pertamina) masih menanggung kerugian kan, ini yang harus dibereskan. Itu yang saya bilang tadi, kalau harganya turun terus kan ada tabungan, kita tabung," ujarnya.

Diketahui, harga Premium masih dibanderol Rp7.400 per liter dan Solar Rp6.900 per liter. Padahal, harga minyak dunia menunjukkan tren penurunan dalam beberapa waktu terakhir. Tercatat per hari ini, harga minyak Brent dibuka USD56,88 per barel dan West Texas Intermediate (WTI) USD50,71 per barel. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login