IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Menteri ESDM : Pertamina Tak Berhak Komentari Status SKK Migas

Menteri ESDM : Pertamina Tak Berhak Komentari Status SKK Migas

Written By Indopetro portal on Wednesday, 22 July 2015 | 10:09

indoPetroNews.com – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said mengingatkan kepada pihak PT Pertamina (Persero), agar tidak terlalu turut campur dengan status lembaga Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). Pasalnya, Pertamina hanya Badan Usaha Milik Negara (BUMN), bukanlah regulator.

Informasinya, Pertamina menginginkan agar fungsi dan peran SKK Migas berada di bawah langsung perusahaan plat merah sektor energi tersebut.

"Yang mesti diingat adalah Pertamina bukan regulator. Pertamina pihak yang menerima aturan. Boleh saja punya aspirasi, tapi tidak boleh terlalu jauh," ujar Sudirman, di Jakarta, Rabu (22/7).

Sudirman berharap, agar Pertamina fokus pada tujuan dan tugas utama yang dimandatkan oleh pemerintah. Untuk itu, perihal entitas pengawas hulu migas akan menjadi kewenangan penuh pemerintah.

"Jangan sampai ada pihak yang mengatakan aturannya mbok berpihak kepada saya (Pertamina). Itu secara etika tidak baik. Harus lihat kebutuhan nasional," katanya.

Ditanya soal peran dan fungsi SKK Migas kedepan, mantan Dirut PT. Pindad ini pun menegaskan bahwa nantinya pemerintah akan melihat dari berbagai kondisi terkini pada sektor hulu migas. Sehingga, lembaga SKK Migas yang baru nantinya bisa memberi kontribusi pada ekonomi energy nasional yang lebih sehat.

"Yang diutamakan adalah energi lebih sehat. Kita apresiasi Pertamina. Tapi Pertamina tidak boleh maju terlalu jauh melampaui tugasnya. Tugasnya korporasi ya korporasi. Karena itu harus lebih tahu diri," ujarnya.

Pemerintah tengah memikirkan status lembaga baru SKK Migas yang selama ini berada langsung di bawah Kementerian ESDM. Banyak pihak menginginkan agar SKK Migas menjadi BUMN khusus. Ini didasari dari peran dan fungsinya yang mengawasi bisnis hulu migas nasional.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login