IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Murphy Oil Hengkang, PGN Siap Ambil Alih

Murphy Oil Hengkang, PGN Siap Ambil Alih

Written By Indopetro portal on Monday, 13 July 2015 | 10:36

indoPetroNews.com - Anak usaha PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. yakni PT Saka Energi Indonesia akan mengambil alih dua blok migas yang sebelumnya dikelola perusahaan asal Amerika, Murphy Oil di Papua Barat.

Direktur Investment Planning & Risk Management PGN, Muhammad Wahid Sutopo menyatakan pihak PGN saat ini masih melakukan pembicaraan terkait akuisisi participating interest (PI) melalui Saka Energi sebagai pemilik PI mayoritas dari blok Semai IV dan Wokam 2 yang dahulu dikelola oleh Murphy Oil.

“Saya akan berkomentar kalau diskusinya sudah selesai, size-nya juga tidak terlalu besar,” kata Wahid, di Jakarta, ditulis Senin (13/7).

Ia menjelaskan bahwa pada tahun ini Saka Energi akan berkonsentrasi untuk mengelola lapangan migas eksisting dimana pada tahun lalu, Saka Energi telah mengakuisisi sejumlah PI.

“Selain itu, PGN juga menargetkan cadangan gas sebesar 500 miliar kaki kubik yang baru ditemukan di lepas pantai Kalimantan Timur bisa mulai dieksplorasi pada tahun depan,” ujarnya.

Sebagai informasi, Saka Energi telah menemukan cadangan gas baru di wilayah kerja South Sesulu, lepas pantai Kalimantan Timur. Di blok yang 100% dimiliki oleh anak usahanya ini cadangan gas yang tersedia diperkirakan mencapai 500 miliar kaki kubik.

Sebelumnya, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Elan Biantoro, mengatakan perusahaan minyak dan gas bumi (migas) asal Amerika, Murphy Oil Corporation dinyatakan akan angkat kaki dari Indonesia. hal tersebut disebabkan tidak ditemukannya cadangan migas pada blok Semai II di Papua Barat dan Blok South Barito di Kalimantan Selatan

Padahal, lanjut Elan, dua blok tersebut sudah beroperasi dan komitmen investasinya sudah dijalankan Murphy. "Semai II komitmennya sudah penuh, melakukan pengeboran. Sementara South Barito ada pengeboran yang belum penuh, tapi dia bersedia membayar. Tapi masih bingung kalau komitmen tidak dipenuhi membayar kemana," ujar Elan belum lama ini. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login