IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pemangkasan Investasi Migas, Berdampak pada Target Lifting ke Depan

Pemangkasan Investasi Migas, Berdampak pada Target Lifting ke Depan

Written By Indopetro portal on Friday, 31 July 2015 | 15:08

indoPetroNews.com - Deputy Chairman Indonesia Petroleum Association (IPA), Sammy Hamzah menegaskan sejumlah Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) migas yang melakukan investasi di sektor hulu migas pada awal semester tahun 2015 ini menurun secara signifikan.

"Mereka berharap dapat menemukan cadangan migas baru namun gagal dan tidak terbukti. Sehingga rencana melakukan pengeboran 10 sumur ikut dibatalkan," katanya, di Jakarta, Kamis (30/7).

Menurutnya, pemangkasan investasi dan belanja di hulu migas, akan berdampak pada produksi dan lifting migas kedepan. Namun, ada beberapa KKKS yang masih komitmen melakukan pengeboran, seperti Pertamina, Medco, Total, Petrochina dan lainnya.

"Jadi jika tetap harga minyak setiap tahunnya masih turun, maka grafik investasi setiap tahunnya juga ikut turun," ujarnya.

Sementara Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja mengatakan, penurunan harga minyak dari perdagangan Internasional dan Indonesia Crude Price (ICP) masih berpengaruh pada sektor investasi, bahkan sejumlah kalangan menilai produksi minyak mentah secara nasional akan ikut terpengaruh merosot.

Dirinya mengatakan pengaruh dari harga minyak turun sudah terjadi sejak tahun lalu. Kali ini investasi migas dalam negeri ikut menurun. Padahal, dari Work Plane & Budgeting (WP&B) 2015 tidak terlalu signifikan menurun jika dibandingkan tahun 2014 lalu.

"Untuk bulan Juli 2015 ini rata-rata 800.000-an barel per hari, untuk target kita kan diatas itu," ujarnya.

Untuk tahun 2015 antara DPR dan Pemerintah telah sepakat target produksi minyak mentah dan lifting dalam negeri menembus 825.000 barel per hari. Namun, dengan melihat data investasi tahun ini maka dipastikan akan sangat sulit terjangkau. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login