IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pemerintah Perlu Ambil Resiko Demi Cadangan Migas

Pemerintah Perlu Ambil Resiko Demi Cadangan Migas

Written By Indopetro portal on Tuesday, 7 July 2015 | 13:26

indoPetroNews.com - Ketua Tim Komite Eksplorasi Nasional, Andang Bachtiar mengatakan pemerintah harus berani mengambil resiko demi menemukan cadangan minyak dan gas bumi (migas) yang baru. Untuk itu pemerintah mesti melakukan perundingan secara intens terhadap para Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS).

Menurut Andang, dalam perundingan tersebut nantinya, pemerintah harus berani menerima masukan serta tawaran yang dilakukan KKKS. Meskipun akan mengurangi pendapatan negara. Pasalnya ini dilakukan untuk mendapatkan kedaulatan energi.

"Kalau mereka inginkan ini dan itu, ok, pendapatan negara berkurang sedikit, tetapi lapangan diproduksi kan? Itu kan jadi tambahan cadangan baru. Pemerintah yang harusnya mendapatkan US$700 juta, hanya mendapatkan US$600 juta. Tidak apa-apa berkurang US$100 juta, tetapi kami minta KKKS untuk mengebor titik-titik lain di bloknya," ujar Andang, di Jakarta, Selasa (7/7).

Selain itu, pemerintah juga bisa memberikan insentif untuk KKKS agar mau melakukan pengeboran, seperti insentif pajak ditangguhkan lima tahun, dan lainnya.

Andang mengakui, selama ini tidak ada terobosan baru dalam meningkatkan cadangan, sehingga wajar jika produksi migas nasional tidak pernah mengalami peningkatan.

Walau pendapatan negara berkurang, menurut Andang, tidak ada yang dirugikan, karena pemerintah justru akan mendapatkan manfaat lebih besar dari pengeboran cadangan baru.

"Tidak ada yang dirugikan, memang negara mendapatkan lebih sedikit dari seharusnya dari hasil negosiasi. Tetapi tiga tahun lagi negara mendapatkan revenue yang lebih banyak," jelas Andang.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login