IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Pengusaha Gas Domestik Menjerit

Pengusaha Gas Domestik Menjerit

Written By Indopetro portal on Wednesday, 29 July 2015 | 05:53

indoPetroNews.com - Kalangan industri mengeluh akibat harga gas dalam negeri melonjak mahal. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan pertemuan dengan para petinggi pengusaha asal Inggris, British Petroleum (BP).

Pertemuan yang dilakukan dengan Regional President Asia Pasific, BP Christina Verchere di Hotel Shangri-la, Jakarta, Selasa (28/7) membahas harga gas untuk kebutuhan domestik dan penerapan Letter of Credit (L/C) yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 04/M-DAG/PER/1/2015 untuk ekspor barang tertentu.

"BP kan sekarang ada dua. Satu jalanin yang train satu dan train dua kelancaran segala macam. Yang kedua fokusnya train tiga ini sebetulnya kita tinggal menyepakati beberapa item termasuk harga gas," kata Sudirman.

Diketahui, saat ini BP sedang menggarap proyek gas Tangguh, di Papua. Pemerintah menginginkan agar konsumsi domestik dapat diperkuat.

"Ada beberapa isu soal L/C. Tapi tidak masalah. Sejauh ini dikelola dengan baik dan kerjasama Kementerian ESDM dan Perdagangan sangat dekat. Sehingga kalau ada apa-apa bisa dijelaskan," sebut Sudirman.

Beberapa waktu sebelumnya, Ketua Forum Industri Pengguna Gas Bumi (FIPGB) Achmad Safiun juga menginginkan adanya penurunan harga gas sebagai bahan baku sebesar 20 persen akibat melonjaknya komponen biaya industri lainnya seperti upah minimum dan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat. Ia merekomendasikan agar harga gas bumi dipatok di angka US$ 6,43 hingga 7,43 per MMBTU.

"Karena harga gas bumi kita mahal sekali. Di Malaysia saja harganya sudah mencapai US$ 3,69 per MMBTU, sedangkan di Singapura harganya sudah mencapai US$ 3,94 per MMBTU," ujarnya beberapa waktu yang lalu. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login