IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pertamina Akuisisi 60 Persen Saham Rekind

Pertamina Akuisisi 60 Persen Saham Rekind

Written By Indopetro portal on Wednesday, 1 July 2015 | 15:32

indoPetroNews.com - Tahun ini PT Pertamina (Persero) akan mengakuisisi 60 persen saham PT Rekayasa Industri (Rekind). Selanjutnya Pertamina akan menjadikan perusahaan BUMN ini sebagai perusahaan engineering, procurement, construction, operations, and maintenance, terbesar di Indonesia.

"Kami akan lakukan valuasi aset. Kalau sudah selesai akan kami lakukan akuisisi 60 persen (saham) tahun ini," kata Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto seusai acara penandatanganan MOU dengan PT Pupuk Indonesia dan PT Pelni di Kantor Kementerian BUMN, Rabu (1/7).

Dwi menjelaskan, setelah pihaknya melakukan kerja sama dengan induk usaha dari Rekind, yakni PT Pupuk Indonesia, dalam membangun kajian pengembangan pabrik petrokimia berbasis gas bumi dan batubara, Pertamina akan melakukan valuasi aset atau penghitungan nilai aset Rekind.

"Tujuan kita ingin masuk situ, supaya memanfaatkan kemampuan engineering dalam negeri semaksimal mungkin dalam rangka mengerjakan investasi Pertamina tahun ini. Kita harap demikian. Kalau selesai valuasinya akan kita lakukan tahun ini," jelas Dwi.

Selain itu, akuisisi anak usaha PT Pupuk Indonesia itu dinilai akan mendukung pencapaian target kedaulatan energi melalui penggunaan sumber daya serta komponen lokal dicanangkan Presiden Jokowi.

"Rekind sudah punya pengalaman di bidang itu. Jadi dengan kerja sama ini Rekind akan mendapatkan penugasan untuk mengerjakan itu," tutur Dwi.

Sementara itu, Direktur Utama Pupuk Indonesia, Arifin Tasrif berharap, dengan akuisisi yang dilakukan Pertamina, akan bisa melahirkan perusahaan kontraktor migas yang kuat. "Kami mau valuasi mengenai nilai, mungkin mereka (Pertamina) mayoritas," kata dia.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro, dalam kesempatan yang sama juga mengatakan, PT Rekind sudah terbukti berpengalaman ‎di bidang desain industri rekayasa serta manajemen konstruksi. Hal itu yang menjadi alasan utama Pertamina ingin mengakusisi perusahaan tersebut.

"Di Pertamina ada beberapa proyek yang dikerjakan Rekind dan hasilnya cukup baik. Kita ingin mengembangkan potensi. Kita lihat berapa banyak yang bisa kita akuisisi, potensi Rekind berkembang menjadi perusahaan besar," kata Wianda.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login