IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pertamina Jangan Mau Kalah dengan Petronas

Pertamina Jangan Mau Kalah dengan Petronas

Written By Indopetro portal on Wednesday, 8 July 2015 | 13:57

indoPetroNews.com - Pemerintah diminta komitmen mendukung langkah PT. Pertamina (Persero) sebagai perusahaan berkelas internasional, baik dalam hal ekspansi di luar negeri maupun dalam mengelola blok minyak dan gas bumi (migas) yang ada di dalam negeri.

Pengamat Ekonomi Universitas Indonesia, Muslimin Anwar mengatakan, saat ini posisi Pertamina jauh dibawah posisi Petronas, perusahaan migas nasional milik Malaysia, padahal sebelumnya Petronas banyak belajar dari Pertamina. Petronas bisa maju karena mendapat dukungan penuh dari pemerintahnya.

"Posisi Pertamina saat ini masih di atas 100 rangking dunia, bandingkan dengan Petronas yang rangking 77. Kalau Pertamina didukung pemerintah, saya yakin posisinya akan masuk 50 besar," ujar Muslimin di Jakarta, Rabu (8/7).

Muslimin menambahkan, pemerintah jangan ragu dengan Pertamina, kalau memang niat membesarkan, pemerintah harus percaya. "Jangan ragu, jadikan dia holding utama perusahaan energi, dan beri kesempatan memegang hak mayoritas Blok Mahakam yang kaya akan gas," katanya.

Untuk mendukung langkah tersebut, pemerintah bersama DPR harus mendorong revisi UU Migas untuk memperkuat Pertamina.

Diakuinya, tidak ada yang perlu diragukan lagi dari Pertamina, BUMN energi tersebut sudah memiliki pengalaman mulai dari sumber daya manusia (SDM), teknologi, finansial dan lainnya. "Semua sudah terbukti, tunggu apa lagi," serunya.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login