IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pertamina Keberatan pada Peraturan BI

Pertamina Keberatan pada Peraturan BI

Written By Indopetro portal on Friday, 3 July 2015 | 14:13

indoPetroNews.com - Beberapa waktu lalu, Bank Indonesia (BI) mengeluarkan peraturan No. 17/3/PBI/2015 tentang kewajiban penggunaan rupiah dalam bertransaksi maupun berinvestasi di tanah air. Secara resmi PBI 17 dikeluarkan per 31 Maret 2015, dan berlaku mulai 1 Juli 2015.

Dengan berlakunya peraturan tersebut, membuat beberapa perusahaan minyak dan gas bumi di Indonesia merasa terganggu. salah satunya perusahaan BUMN, PT. Pertamina (Persero). perusahaan plat merah ini tengah mengajukan surat kepada BI untuk dapat mempertimbangkan ketentuan penggunaan mata uang rupiah di dalam negeri.

"Ya memang kami menyampaikan surat ke Bank Indonesia untuk bisa dipertimbangkan karena kami ada juga harus beli dolar," kata Direktur Utama PT. Pertamina Dwi Soejipto, di Jakarta, Jumat (3/7)

Ia mengatakan pendapatan Pertamina dalam mata uang dolar AS akan memberikan biaya jika harus dikonversi ke rupiah. "Jadi kalau pendapatan memang sudah dolar kan tidak perlu ada konversi ’duit’ (uang) lagi gitu dan tidak ada ’cost’ yang muncul berkaitan dengan harus dikonversi ke rupiah, rupiah ke dolar lagi gitu," ujarnya.

Selain itu, ia mengatakan ada pembelian barang-barang untuk kegiatan operasional Pertamina yang memang membutuhkan dolar yang cukup besar. "Kalau kita impor minyak, impor ’goods’ (peralatan) kan semuanya dalam dolar," katanya.

Namun, ia mengatakan jika BI tetap menetapkan ketentuan penggunaan rupiah itu, maka pihaknya akan mengikuti peraturan yang berlaku. "Tentu Pertamina harus melaksanakan ketentuan undang-undang yang berlaku," katanya.

Sebelumnya, Direktur Departemen Komunikasi BI Peter Jacobs mengatakan peraturan itu untuk menegakkan kedaulatan rupiah di NKRI dan sekaligus mendukung stabilitas makro ekonomi.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login