IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Perusahaan Migas Asal Amerika Hengkang dari Indonesia

Perusahaan Migas Asal Amerika Hengkang dari Indonesia

Written By Indopetro portal on Friday, 10 July 2015 | 23:17

indoPetroNews.com - Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Elan Biantoro, mengatakan perusahaan minyak dan gas bumi (migas) asal Amerika, Murphy Oil Corporation dinyatakan akan angkat kaki dari Indonesia. Hal tersebut disebabkan tidak ditemukannya cadangan migas pada Blok Semai II di Papua Barat dan Blok South Barito di Kalimantan Selatan

Padahal, lanjut Elan, dua blok tersebut sudah beroperasi dan komitmen investasinya sudah dijalankan Murphy. "Semai II komitmennya sudah penuh, melakukan pengeboran. Sementara South Barito ada pengeboran yang belum penuh, tapi dia bersedia membayar. Tapi masih bingung kalau komitmen tidak dipenuhi membayar kemana," ujar Elan di Jakarta, Kamis, 9 Juli 2015 malam.

Proses pengembalian dua blok itu, lanjutnya, sebenarnya sudah dilakukan sejak 10 bulan yang lalu. Hanya saja, Blok Semai II waktu itu masih dipertimbangkan Murphy untuk dipertahankan. Namun, direksi di kantor pusatnya di AS akhirnya memutuskan untuk melepas blok tersebut lantaran tidak ada cadangan migas yang terbukti.

Adapun untuk benar-benar mengembalikan blok kepada pemerintah, lanjut Elan, Murphy harus melakukan verifikasi data seismik, mengembalikan seluruh data, dan melakukan pencatatan aset di dalam negeri. "Tapi mereka sudah pamit ke Pak Amien (Kepala SKK Migas)," sambungnya.

Sementara dua blok lain yang juga dikelola Murphy, yakni Blok Semai VI dan Blok Wokam II juga akan dilepaskan. Namun, kedua blok itu dilepas kepada anak perusahaan PT Perusahaan Gas Negara, yakni PT Saka Energi Indonesia. Elan menegaskan proses peralihan kepemilikan blok akan dilakukan secara business to business (b to b). Oleh karena itu, SKK Migas tidak memberi tenggat waktu masa peralihan kepada Murphy.

"Proses transfernya masih. Setelah hand over (proses pindah tangan), baru lapor SKK Migas," ujarnya. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login