IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Presiden Janjikan Insentif bagi Pengembang EBT

Presiden Janjikan Insentif bagi Pengembang EBT

Written By Indopetro portal on Monday, 6 July 2015 | 15:05

indoPetroNews.com - Energi terbarukan selama ini kurang mendapat perhatian di kalangan pengusaha. Presiden Joko Widodo menjanjikan akan memberikan insentif untuk para pengembang Energi Baru Terbarukan.

Insentif yang diberikan nantinya mampu menarik minat investor dalam menggarap potensi energi baru terbarukan yang tersebar di Indonesia. Pasalnya, pengembangan energi ramah lingkungan memang lebih mahal ketimbang investasi untuk energi fosil.

“Meskipun biayanya jauh lebih mahal, saya kira tidak ada masalah. Kita berikan insentif khusus bagi pembangkit listrik yang ramah lingkungan. Rate (harga jual listrik)-nya ditinggikan sedikit enggak apa-apa agar orang berbondong-bondong investasi, jangan samakan dengan batubara,” kata Presiden Jokowi, disela kegiatan negara, kemarin.

Presiden mengakui pengembangan energi ramah lingkungan tersebut belum menjadi fokus dalam memenuhi kebutuhan listrik. Padahal, Indonesia memiliki potensi listrik panas bumi (geotermal) sebesar 28.000 megawatt (MW), belum lagi dari energi terbarukan lainnya yang jumlahnya juga ribuan megawatt.

Karena itu, Presiden memerintahkan seluruh jajaran pemerintahan fokus mengembangkan pembangkit listrik yang bersumber dari energi terbarukan, seperti panas bumi, tenaga surya, angin, air, sampah serta biomass. Energi terbarukan tersebut harus segera dikembangkan agar mampu menggantikan pembangkit energi fosil seperti batubara.

“Secara khusus pada hari ini saya perintahkan ke Menko, Menteri BUMN, Menteri ESDM agar ke depan pembangkit listrik ramah lingkungan lebih diberikan prioritas karena kita punya kekuatan dan potensi,” kata Jokowi.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login