IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Presiden: Pertamina adalah Operator Blok Mahakam dengan Hak 100 Persen

Presiden: Pertamina adalah Operator Blok Mahakam dengan Hak 100 Persen

Written By Indopetro portal on Monday, 6 July 2015 | 11:24

indoPetroNews.com- Presiden Joko Widodo telah menetapkan bahwa PT.Pertamina (Persero) adalah operator Blok Mahakam dengan hak 100 persen. untuk itu Presiden meminta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said dan Badan Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), harus segera menyelesaikan pembahasan aspek legal, terkait kontrak baru dan juga terkait term conditions pada Blok yang terletak di Kalimantan Timur itu.

"Pertamina 100 persen, setelah itu Pertamina dapat melakukan pengurangan interes (share down) kepada pihak lain yang menurut perhitungan bisnis memberi manfaat secara maksimal," kata Tim Komunikasi Presiden Teten Masduki melalui keterangan tertulisnya, kemarin.

Dalam Rapat Terbatas yang membahas Pengelolaan Blok Mahakam, Jumat (3/7) di Jakarta, Presiden meminta seluruh persiapan alih kelola harus segera dimulai. dan Presiden meminta proses ini harus sudah selesai sebelum akhir 2015.

Beberapa waktu yang lalu, Menteri ESDM, Sudirman Said tengah merilis pembagian hak participating interest (PI) kepada para pihak yang terkait dengan blok Mahakam. dimana Pertamina dan Pemerintah Daerah (Pemda) mendapatkan hak sebesar 70 persen, sedangkan Total E&P Indonesie dan Inpex Corporate mendapatkan 30 persen.

Menurut Presiden, proses alih kelola di tingkat operasional harus disiapkan sebaik-baiknya agar tidak ada gangguan teknis. Begitu pula komunikasi dengan para pihak harus dijaga agar tidak ada salah pengertian.


"Yang terpenting, dengan siapa pun Pertamina bekerjasama mengelola Blok Mahakam, mayoritas keuntungan harus tetap di tangan Pertamina," ujar Teten.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login