IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Subsidi LPG 3 Kg, Banyak Tak Tepat Sasaran

Subsidi LPG 3 Kg, Banyak Tak Tepat Sasaran

Written By Indopetro portal on Thursday, 30 July 2015 | 08:42

indoPetroNews.com - Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja menilai, saat ini pemerintah tengah mencari cara supaya pemberian subsidi LPG 3 kilogram (Kg) tepat sasaran. Soalnya sampai saat ini gas melon tersebut masih sering dikonsumsi kalangan menengah ke atas.

Pemerintah tengah menemukan beberapa opsi yang tengah mengerucut. Opsi pertama adalah pemberian subsidi dengan menggunakan kartu, kedua dengan pemberian subsidi atau dengan finger print atau sidik jari.

"Opsi itu sudah mulai mengerucut supaya Elpiji 3 kg subsidinya benar-benar tepat sasaran untuk rumah tangga dan usaha mikro. Sesuai perpres. Arahnya kesana," kata Wiratmaja di kantornya, Jakarta, Rabu (29/7).

Wiratmaja menambahkan, saat ini pihaknya masih melakukan pilot project di beberapa kota, mulai dari Batam hingga ke Tarakan. Hal ini bertujuan untuk mengetes pasar dalam pemberian subsidi Elpiji 3 kg agar tepat sasaran.

"Kita berharap Agustus atau September sudah mulai dikerjakan. September sudah mulai dikerjakan. Jadi step by step, kita lihat Batam dulu sebulan dua bulan, kesulitannya seperti apa. Selanjutnya kita melangkah ke Tarakan," katanya.

Selain itu, daerah yang akan menjadi pilot project pemberian subsidi Elpiji 3 kg adalah Bali dan beberapa daerah yang agak terisolasi. "Maksudnya tidak bisa rembes ke samping. Kalau enggak Bali, bisa Madura atau Pulau Bangka," katanya.

Menurut Wiratmaja, pilot project ini penting dilakukan agar sebelum pelaksanaan penetapan pemberian subsidi Elpiji 3 kg tidak terjadi masalah.

"Kita pilot project dulu, nanti kita lihat bagaimana. Kalau bagus banget kita terapkan tahun depan, kalau masih banyak masalah tentu pilot projectnya kita perpanjang," ujarnya. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login