IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Sudirman Said: Regulasi Lama Sektor Migas Tak Ekonomis Lagi

Sudirman Said: Regulasi Lama Sektor Migas Tak Ekonomis Lagi

Written By Indopetro portal on Wednesday, 15 July 2015 | 15:12

indoPetroNews.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus berbenah dan mengevaluasi berbagai regulasi yang ada di Indonesia. Hal tersebut dilakukan agar para investor dalam sektor hulu migas, dapat masuk dan berinvestasi di negeri ini.

Menteri ESDM, Sudirman Said mengatakan, sejak akhir 2014 sampai paruh pertama 2015, tren harga minyak mentah mengalami penurunan. Hal ini, membuat sejumlah Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) menahan sejumlah program kerja, lantaran dianggap tidak ekonomis.

"Asumsi yang dipakai sudah berbeda dengan yang saat ini. Kalau diterapkan tentu saja sudah tidak ekonomis lagi," ujar Sudirman, di Jakarta, Rabu (15/7).

Sudirman mengakui, salah satu regulasi yang memberatkan terkait pajak di industri hulu migas. Harga minyak dunia di asumsikan hanya bergerak ke level US$ 60 per barel, maka beban biaya produksi dan pajak yang dikeluarkan, sudah membuat industri hulu migas kesulitan.

"Kalau kemarin US$100 per barel masih tinggi. Sekarang tentu sudah tidak ada marjinnya," ujar Sudirman.

Untuk itu, evaluasi dan merevisi sejumlah regulasi di industri hulu migas memang wajib dilakukan. Perubahan regulasi ini pun telah disambut baik oleh instansi pemerintah lainnya, seperti Kementerian Keuangan.

"Di sektor migas memang tidak bisa lihat dari pajak saja, tapi konsolidasi secara keseluruhan. Tapi yang jelas Menkeu sudah sudah menyambut mengenai adanya pembaharuan," ujar Sudirman.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login