IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Tiga BUMN Kembangkan Industri Petrokimia

Tiga BUMN Kembangkan Industri Petrokimia

Written By Indopetro portal on Wednesday, 1 July 2015 | 15:30

indoPetroNews.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjembatani Tiga perusahaan plat merah, yakni PT Pertamina (Persero), PT Pupuk Indonesia dan PT Pelni (Persero) dalam menjalin kerja sama dalam mengembangkan industri Petrokimia berbasis gas bumi dan batubara.

Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini Soemarno, mengatakan program sinergitas antar-BUMN tersebut bakal lebih ditingkatkan di masa mendatang, dengan harapan perusahaan bisa terus berkembang dan efisien.

"Saya senang melihat penandatanganan seperti ini. Dengan adanya feasibility study dan studi bersama untuk dapat tercapainya kerja sama dan joint venture yang menguntungkan kedua belah pihak," kata Rini, seusai menyaksikan MoU antara Pertamina, Pupuk Indonesia dan Pelni, di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (1/7).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto, mengatakan, kerja sama strategis dengan BUMN lain merupakan bentuk pengembangan potensi bisnis, salah satunya industri hilirisasi di sektor petrokimia. Hal itu, kata Dwi, sejalan dengan rencana pengembangan bisnis perusahaan yang menyasar ke sektor hilir migas.

"Kita sudah kelop. Pertamina sudah lama bisnisnya di hulu, sekarang kita bergerak ke hilir, dan Pupuk Indonesia punya kemampuan untuk itu," ujar dia.

Selain dengan Pupuk Indonesia, juga ditandatangani nota kesepahaman antara Pertamina dengan Pelni. Awalnya, keja sama kedua perusahaan hanya mencakup penyediaaan pelumas yang diproduksi dan dipasarkan Pertamina untuk dipasok ke Pelni. Namun seiring dengan perkembangan dan kebutuhan perusahaan, maka kerja sama itu diperluas ke bidang pengangkutan.

Pertamina akan menyediakan BBM untuk kebutuhan kapal dan kendaraan operasional Pelni. Sementara untuk Pertamina, Pelni akan menyediakan satu kapal angkut BBM, dengan sepesifikasi dan persyaratan yang dibutuhkan Pertamina. Nota kesepahaman ini berlaku selama lima tahun.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login