IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Total Belum Sepakat Porsi Blok Mahakam

Total Belum Sepakat Porsi Blok Mahakam

Written By Indopetro portal on Thursday, 2 July 2015 | 13:39

indoPetroNews.com - Total E&P Indonesie sampai saat ini belum sepakat dengan pembagian porsi yang ditetapkan pemerintah dalam pengelolaan Blok Mahakam, Kalimantan Timur. Hingga saat ini pihak Total belum melakukan pertemuan dengan pemilik saham mayoritas yakni PT. Pertamina (Persero)

“Sekarang Total belum sepakat. Tapi saya kira dalam waktu dekat akan ada pertemuan-pertemuan,” ungkap Direktur Utama PT. Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto kepada wartawan, Jakarta, Kamis (2/7).

Menurut Dwi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said telah menetapkan Pertamina sebagai operator Blok mahakam dengan share 100% setelah kontrak habis. Pertamina juga diperbolehkan membagi saham pengelolaan blok tersebut.

“Dengan Total, Inpex, dan BUMD. Oleh karena itu tetap akan ada hitung-hitungannya. Tapi akan kita bicarakan dengan Pemda untuk porsi BUMD,” ujarnya.

Pemerintah Daerah (Pemda), Dwi menjelaskan, dalam hal ini Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), tetap memiliki kewajiban dalam kepemilikan sahamnya. “Kalau Pemda enggak mampu, bisa kita carry, karena begitu arahan dari pemerintah agar manfaat porsinya Pemda betul-betul riil untuk Pemda,” jelasnya.

Selain itu, Pertamina juga siap memberikan talangan terlebih dahulu jika Pemda belum mampu memenuhi kewajibannya sebagai pemilik saham. "Segala kewajiban Pemda akan ditanggung Pertamina dulu. Baru kemudian Pemda membayar ke Pertamina ketika bagi hasil mulai diperhitungkan," tutup Dwi.

Sementara Sudirman Said kembali menegaskan bahwa bagian Participating Interest bagi Pemda sudah dalam tahap final. Sudirman juga menampik jika pihaknya masih menunggu keputusan Presiden untuk menanggapi permintaan Pemda 19 persen.

"Tidak perlu surat, karena sudah keputusan sudah diambil. aturannya Participating Interest maksimal 10 persen. aturan itu kita taati," ujar Sudirman.

Menyikapi tambahan 9 persen yang diminta oleh Pemda, Sudirman mengatakan tidak mengizinkan Pemda meminta lebih dari ketentuan yang diberikan pemerintah.

"Ya sekarang kita jelaskan saja aturannya begini, apabila melebihi dari itu ya membeli secara komersial," tegas Sudirman.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login