IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Total E&P Indonesia Tetap Berinvestasi di Indonesia

Total E&P Indonesia Tetap Berinvestasi di Indonesia

Written By Indopetro portal on Wednesday, 8 July 2015 | 11:28

indoPetroNews.com - Meskipun Total E&P Indonesie sudah tidak menjadi operator atau kontraknya habis di Blok Mahakam, Kalimantan Timur, perusahaan asal Prancis ini, memastikan tetap berinvestasi di Indonesia. Apalagi sudah ada beberapa sumur migas yang sudah dikelola selain Blok Mahakam.

Bahkan, Human Resources Communications and General Services Total E&P Indonesie, Arividya Noviyanto mengatakan, pihaknya sudah melakukan pengeboran eksplorasi di laut-laut dalam, yang tingkat kesulitan dan risikonya lebih tinggi. Novi menjelaskan, selain blok Mahakam, Total juga mempunyai blok minyak dan gas bumi lainnya di Indonesia.

"Kami simpulkan bahwa Total masih komitmen lakukan eksplorasi di Indonesia. Sejak 2009 hingga tahun lalu setiap tahun selalu ngebor antara satu sampai dua sumur eksplorasi," ujar Arividya, di gedung WTC, Selasa (7/7) malam.

Diakuinya, sumur-sumur eksplorasi yang dibor Total merupakan sumur-sumur laut dalam, seperti di Selat Makasar, Mentawai perbatasan Australia dan lainnya. Untuk pengeboran di Mentawai, Total mengklaim bahwa dirinya sudah menghabiskan dana di atas US$8 juta. Padahal, lokasi tersebut sangat sulit dan tingkat risikonya sangat tinggi.

"Tidak banyak perusahaan yang melakukan pengeboran ekplorasi selama 5-6 tahun berturut, dan rata rata di daerah frontier. Itu lah komitmen kami," ujarnya.

Karena sumur yang dibor memiliki risiko tinggi, Total tidak ingin melakukannya sendiri, sehingga mencari mitra, baik mitra finansial atau strategis (pengalaman). Untuk pencarian partner biasanya dilakukan dengan cara tender terbuka.

Arividya mengatakan, saat ini pihaknya tengah kesulitan memperoleh teknologi pengeboran laut dalam, terutama untuk rig, karena pengeboran laut dalam di dunia sangat jarang. "Masalahnya di dunia ini deep sea (rig) terbatas. Nah kita sedang cari di Indonesia agar efisien," jelasnya.

Banyaknya daerah laut dalam yang dibor oleh Total, karena berdasarkan para ahli migas baik dari pemerintah, independen maupun ahli dari Total sendiri yang menyatakan bahwa, cadangan migas di Indonesia saat ini banyak yang berada di laut dalam.

"Ahli sudah bilang, cadangan baru ada di daerah frontier. Bukan karena kami suka laut dalam, kalau ada yang di laut dangkal, justru kami lebih suka," jelas Arividya.
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login