IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Transaksi Wajib Gunakan Rupiah

Transaksi Wajib Gunakan Rupiah

Written By Indopetro portal on Thursday, 2 July 2015 | 13:44

indoPetroNews.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, transaksi di sektor minyak dan gas bumi mencapai US$ 15 miliar dalam setahun. Sebagian transaksi itu bisa dikonversi menggunakan Rupiah.

Sudirman menjelaskan bahwa transaksi di sektor migas terkait pembelian barang maupun pembayaran jasa menggunakan mata uang asing. Tetap, dengan adanya Peraturan Bank Indonesia Nomor 17 Tahun 2015 yang mewajibkan penggunaan Rupiah di dalam negeri maka transaksi tersebut ada yang bisa dikonversi.

"Spending di migas mencapai US$ 15 miliar dalam satu tahun. Secara umum lebih dari separuh transaksi mata uang asing sebenarnya transaksi barang dan jasa di Indonesia. Jadi bisa dikonversikan ke Rupiah karena para pihak yang terikat adalah sesama badan usaha Indonesia," kata Sudirman di Jakarta, kemarin.

Pada kesempatan sama, Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Amien Sunaryadi menambahkan kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) migas siap mendukung peraturan Bank Indonesia tersebut. Dikatakannya, sektor hulu migas tidak menemui kendala dalam pemberlakuan kewajiban penggunaan Rupiah.

Menurutnya, apabila ada kendala dalam pelaksanaannya maka KKKS bisa menyampaikan ke SKK Migas dan nantinya kendala tersebut disampaikan ke Bank Indonesia.

"Kami sudah berkoordinasi dengan para KKKS. Dan ada beberapa pertanyaan KKKS yang nantinya akan kami diskusikan dengan Bank Indonesia sehingga bisa mendapatkan petunjuk," ujar Amien.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login