IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Widyawan : Pemerintah Berharap Semua Pihak Patuhi Keputusan Soal Mahakam

Widyawan : Pemerintah Berharap Semua Pihak Patuhi Keputusan Soal Mahakam

Written By Indopetro portal on Friday, 10 July 2015 | 23:34

indoPetroNews.com - Kepala Unit Pengendalian Kinerja, Kementerian ESDM Widhyawan Prawiraatmadja menegaskan agar semua pihak yang terlibat dalam alih kelola Blok Mahakam, yakni PT Pertamina Persero, Total  E&P Indonesie dan Inpex Corp mematuhi Keputusan Pemerintah.

Disarankan juga agar Total mau nerima bagian 30% dari "sharing" yang diberikan PT. Pertamina. "Ya masak mereka enggak mau patuhin perintah negara ya. Akhir tahun kan semuanya harus selesai," jelas Widhyawan Prawiraatmadja kepada wartawan di Kementerian ESDM, Jumat (10/7).

Hanya saja Widhyawan mengingatkan akan ada valuasi nilai atas aset-aset Total di Blok Mahakam. Valuasi tersebut terkait dengan kandungan migas yang masih ada, atau berapa cadangan yang masih ada.

"Tinggal ambil persentase dari itu, kan nanti ada bagian pemerintah, ada biaya-biaya, kayak gitu. Nah yang bisa valuasi itu secara tepat adalah pemerintah. Nanti ada yang hitung independen. SKK Migas yang ngomong. Ada yang procurement. Itu bisa dilakukan 3 bulan kok," tegasnya.

Terkait dengan keinginan daerah, Widhyawan menjelaskan bahwa semangatnya semua untuk daerah karena privilagenya untuk daerah dan bagaimana pembiayaannya dan idealnya pembiayaannya itu dari pemerintah daerah sendiri.

"Kalo tidak bisa ya bantu pemerintah pusat. Pembiayaan infrastruktur, karena bagaimanapun ini sesuatu untuk mendapatkan nilai tambah. Kedua, kalo nggak bisa juga ya BUMN dong. Cari mereka," ujarnya. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login