IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » 2017, Proyek PLTP Ulubelu 3 dan 4 Ditargetkan Tuntas

2017, Proyek PLTP Ulubelu 3 dan 4 Ditargetkan Tuntas

Written By Indopetro portal on Tuesday, 18 August 2015 | 13:10

indoPetroNews.com - PT Pertamina (Persero) genjot pengerjaan proyek panas bumi Ulubelu unit 3 dan 4 dengan total kapasitas 2 x 55 MW yang diharapkan dapat menjadi penopang bagi ketersediaan pasokan listrik di wilayah provinsi Lampung.

PLTP Ulubelu 3 dan 4 adalah termasuk dua dari proyek-proyek yang pemancangan tiang pertamanya diresmikan oleh Presiden Jokowi pada awal Juli lalu. Proyek PLTP Ulubelu 3 dan 4 dibangun oleh PT Pertamina Geothermal Energy dengan skema total project, artinya PGE menjual listrik langsung kepada PLN.

Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam mengungkapkan proyek yang juga termasuk dalam breakthrough project Pertamina di sektor hulu tersebut saat ini telah mencapai kemajuan sebesar 56,12%. Dengan kemajuan tersebut, Syamsu yakin PLTP Ulubelu akan tuntas sesuai target COD, yaitu Agustus 2016 untuk PLTP Ulubelu unit 3 dan Juni 2017 untuk PLTP Ulubelu unit 4.

"Dengan kemajuan proyek yang ada saat ini, kami yakin PLTP Ulubelu 3 & 4 akan selesai dan onstream sesuai target. Jika tuntas, secara keseluruhan PLTP Ulubelu akan berkontribusi sebesar 23% dari total pasokan listrik untuk Lampung," terangnya, dalam keterangan tertulis, Selasa (18/8).

Pasokan listrik di Lampung yang mencapai 832,2 MW (daya terpasang) saat ini 52% bergantung dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), 19% dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD), 14% Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), dan hanya 13% dari PLTP. Pada 2017 ketika daya terpasang mencapai 994 MW, PLTP Ulubelu 1,2,3 dan 4 akan berkontribusi sebesar 220 MW.

Syamsu Alam juga mengungkapkan proyek PLTP Ulubelu 3 dan 4 pekerjaan engineering, procurement, dan construction (EPC) oleh konsorsium Sumitomo-Rekayasa Industri sebagai bentuk pemberdayaan kemampuan nasional. Pertamina Drilling Services Indonesia (PDSI), anak perusahaan yang bergerak di bidang pengeboran bertindak selaku pelaksana pekerjaan pengeboran sumur.

PLTP Ulubelu 3 dan 4 total pengeboran ditargetkan mencapai 23 sumur yang terdiri dari 17 sumur produksi dan enam sumur injeksi. Saat ini, 20 sumur telah berhasil dibor, dengan perincian 16 sumur produksi dan 4 sumur injeksi.

"Saat ini rig PDSI sedang persiapan untuk pengeboran sumur produksi," tutupnya.
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login