IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Ada Keraguan Investor, Pemerintah Diharap Perbaiki Regulasi

Ada Keraguan Investor, Pemerintah Diharap Perbaiki Regulasi

Written By Indopetro portal on Friday, 7 August 2015 | 13:57

indoPetroNews.com - Tidak bisa dipungkiri, bahwa saat ini perusahaan minyak dan gas bumi (migas) masih ragu untuk melakukan investasi baru pada sektor industri hulu migas.

Pasalnya, di tengah melorotnya harga minyak dunia, pemerintah juga belum memberikan berbagai regulasi dan kebijakan yang membuat investor menanamkan investasinya di bidang hulu migas.

Pengamat Kebijakan Minyak dan Gas Bumi (Migas) Yusri Usman mengamati, bahwa keraguan puluhan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) untuk investasi pengeboran merupakan pelajaran penting bagi pemerintah untuk memperbaiki Peraturan Pemerintah (PP) dan Permen ESDM untuk PSC yang akan berakhir.

"Minimal 5 tahun sebelum berakhir, sebagian saham sudah harus didivestasi ke Pertamina secara B to B dengan tetap menjaga kepentingan nasional," ujarnya di Jakarta, Jumat (7/8).

Terkait penurunan produksi minyak nasional, Yusri menyebut merupakan konsekuensi dari berakhirnya PSC dan turunnya harga minyak. Dengan demikian KKKS juga menurunkan aktivitasnya untuk melakukan langkah-langkah efisiensi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari SKK Migas, status produksi minyak pada 2 Agustus 2015 sebesar 766.999 barrel oil per day (bopd) dan rata-rata bulan Agustus 2015 sekitar 757.833 bopd. Diperkirakan rata-rata produksi minyak tahun 2015 sekitar 782.677 bopd. Padahal dalam Work Program and Budget (WP&B) sebesar 828.470 bopd atau jauh di bawah target lifting minyak yang ditetapkan negara.

"Inilah fakta yang harus kita terima. Mudah-mudahan saja dari Blok Cepu (sempat terkendala kerusuhan pekerja lalu-red) bisa optimal produksinya mulai September," katanya.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login