IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Dirjen Migas: Trader Gas tak Punya Infrastruktur, Izinnya Dicabut

Dirjen Migas: Trader Gas tak Punya Infrastruktur, Izinnya Dicabut

Written By Indopetro portal on Friday, 14 August 2015 | 10:06

indoPetroNews.com - Kementerian ESDM tengah mengajukan draft Peraturan Presiden (Perpres) terkait tata kelola minyak dan gas bumi (Migas). Diketahui di dalam draft tersebut tengah diatur bagaimana untuk mengeleminasi para trader gas yang tidak mempunyai infrastruktur alias broker bermodal kertas.

Dirjen Migas Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja, mengatakan dalam draft tersebut siapapun dapat menjadi trader gas, namun dengan syarat memiliki infrastruktur. Untuk trader yang sudah beroperasi namun tidak memiliki infrastruktur, izinnya akan dicabut. "Draft sudah di Kementerian Hukum dan HAM dan bisa diberlakukan setelah ditandatangani presiden," ujar Wiratmaja di Jakarta, Kamis (13/8).

Diakuinya, saat ini ada sekitar 80 persen trader gas yang tidak memiliki infrastruktur. Keberadaan mereka dinilai merusak harga gas bumi, termasuk pasokan gas. "Makanya, kita bikin Perpres Tata Kelola Gas, semua yang punya hak jadi trader harus membangun infrastruktur, jadi terintegrasi," jelasnya.

Selain menghapus trader yang bermodal kertas, keberadaan infrastruktur pipa gas juga dibutuhkan untuk memeratakan pemanfaatan gas di seluruh Indonesia.

Sebagaimana diketahui, total panjang pipa distribusi gas di seluruh Indonesia saat ini hanya sekitar 6.000 km, sebagian besar dimiliki oleh PT Perusahaan Gas Negara Persero Tbk (PGN)

Pemerintah juga menargetkan, dalam 10 tahun ke depan mampu meningkatkan pemanfaatan gas dari 20 persen menjadi 35 persen. Untuk mencapai target tersebut dibutuhkan setidaknya panjang pipa gas baru hingga 15.000 km.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login