IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » DPR Beberkan Temuan Piutang PES US$ 50 Juta

DPR Beberkan Temuan Piutang PES US$ 50 Juta

Written By Indopetro portal on Tuesday, 25 August 2015 | 14:35

indoPetroNews.com - Panitia kerja Komisi VII DPR-RI meminta Pertamina kembali menimbang secara masak-masak rencana pembubaran Pertamina Energy Service. Ini perlu dilakukan agar potensi pemasukan dari piutang tersebut tidak menguap begitu saja.

"Usul saya, harusnya Pertamina Energy Services tidak dibubarkan, melainkan tetap dipertahankan sebagai unit usaha perdagangan Pertamina. Pasalnya perusahaan ini memiliki pengalaman bisnis di bidang penyewaan kilang, serta dengan pihak ketiga yang prospektif," ujar Anggota Panitia kerja DPR, Inas Nasrullah, di Jakarta, Selasa (25/8).

Selain itu, tim panitia kerja DPR menemukan dan membeberkan temuan piutang senilai US$ 50 Juta yang belum tertagih oleh Pertamina Energy Service (PES), anak usaha Pertamina Energy Trading Ltd. (Petral).

Fakta tersebut terungkap dalam tahapan audit investigasi terkait rencana pembubaran Cucu usaha PT. Pertamina (Persero) yang mempunyai markas di Singapore tersebut.

"Kebanyakan perusahaan yang berhutang itu adalah BUMN Migas seperti CNOOC, Petronas dan lainnya," kata Anggota DPR dari Fraksi Partai Hanura tersebut.

Temuan itu didapat dari hasil inspeksi tim yang telah secara langsung menyambangi kantor PES di Singapore. Dijelaskan Nasrullah, piutang tersebut merupakan akumulasi denda keterlambatan atas pasokan minyak atau keterlambatan pengembalian kontainer milik pelayaran, serta tunggakan atas beberapa kewajiban terkait pengadaan minyak oleh pemasok.

Namun, Nasrullah menggarisbawahi bahwa wewenang pengadaan minyak harus tetap dilakukan melalui Integrated Supplay Chain (ISC), yang menggantikan fungsi Petral.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login