IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Elan: Aturan dan Dokumen yang Diterbitkan BP Migas Masih Berlaku di Era SKK Migas

Elan: Aturan dan Dokumen yang Diterbitkan BP Migas Masih Berlaku di Era SKK Migas

Written By Indopetro portal on Monday, 31 August 2015 | 09:30

indoPetroNews.com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengatakan jika Surat Keputusan (SK) BP Migas yang menjadi landasan penunjukan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), yang menyatakan jika perusahaan tersebut bisa menjual minyak bagian negara, tidak lagi mempunyai dasar acuan yang kuat.

Anggota Komisi VII dari Fraksi Partai Nasdem, Kurtubi mengatakan bahwa semua pasal yang ada dalam Undang-undang Migas No.22/2001 yang terkait dengan BP Migas tidak berlaku lagi.

Sebelumnya, kontrak jual beli minyak (PJBM) dari Lapangan Banyu Urip di Blok Cepu yang berlangsung sejak Mei 2015 menjadi sorotan. Pasalnya, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dituding telah secara ilegal menunjuk EMCL sebagai pemegang hak kuasa penjualan minyak bagian negara.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas SKK Migas Elan Biantoro membenarkan bahwa pihaknya masih menggunakan aturan tersebut. “Perubahan BP Migas menjadi SKK Migas berdasarkan peraturan presiden (perpres) adalah bersifat mutatis mutandis. Artinya, aturan dan dokumen administrasi yang diterbitkan BP Migas masih berlaku di era SKK Migas,” kata Elan, di Jakarta, beberapa waktu yang lalu.

Selain itu, menurut Elan, masih digunakannya aturan tersebut untuk efisiensi dan keberlangsungan proses bisnis. “Karena kalau semua aturan dan ketentuan BP Migas tidak diberlakukan lagi. Sebagai lembaga yang baru saat itu, SKK Migas tidak bisa langsung running bekerja dan harus membuat aturan-aturan baru yang butuh bertahun-tahun. Jadi, surat-surat BP Migas dan semua dokumen-dokumen ketentuan masih diberlakukan, kecuali untuk hal-hal tertentu,” jelas Elan.
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login