IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Iman Sugema: Menentukan Sumber Energi Harus Khusus

Iman Sugema: Menentukan Sumber Energi Harus Khusus

Written By Indopetro portal on Wednesday, 12 August 2015 | 22:00

indoPetroNews.com - Siapa bilang sumber daya alam kita melimpah, siapa bilang sumber daya alam kita masih kaya?. Semua pemikiran di atas bukan lagi pemikiran yang kerap didengar dikalangan masyarakat saat ini.

Komisaris Utama Independen PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS), Iman Sugema, mengatakan bahwa Indonesia negara yang miskin minyak. Dikarenakan cadangan minyak dalam negeri yang relatif lebih rendah, dibandingkan kebutuhan yang diperlukan.

"Makanya jangan salah definisikan Indonesia sebagai negara yang dikatakan kaya energi. Sifat natural resources tidak semua tempat dianugerahi sumber daya yang sama," ujar Iman di Jakarta, Rabu (12/8).

Menurutnya, sektor energi itu berbeda dengan sektor lainnya. Sehingga dalam menentukan kebijakan energi tidak dapat menggunakan kaidah umum semata. "Harus khusus, apa bedanya? Karena dari sisi suplai pasokan energi itu merupakan sumber daya alam. Untuk batubara, gas kita cukup kaya," jelas dia.

Lebih lanjut dia menjelaskan, masyarakat dalam menggunakan energi sangat tergantung pada supplai yang tersedia. Sehingga, dalam menjalankan kedaulatan energi dibutuhkan dukungan teknologi dan kebijakan pemerintah.

"Teknologi spesifik, kalau anda gunakan mobil diesel, enggak mungkin anda masukin premium atau pertamax. Begitu pun sebaliknya jadi kebijakan pemerintah harus menyangkut teknologi penggunaan energi, pembangkit batubara enggak mungkin bahan bakar diganti gas," katanya.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login