IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Jual Murah Gas 12 Kg, Pertamina Dipertanyakan Analis

Jual Murah Gas 12 Kg, Pertamina Dipertanyakan Analis

Written By Indopetro portal on Thursday, 20 August 2015 | 15:54

indoPetroNews.com - Direktur Pusat Studi Kebijakan Publik (Puskepi) Sofyano Zakaria mempertanyakan alasan PT Pertamina (Persero) menjual murah untuk gas tabung 12 kilogram atau non subsidi dengan harga masih sekitar Rp.12.900/kilogram.

"Ditengah fluktuatifnya harga minyak dunia, dan disaat harga minyak dunia yang sedang turun dalam beberapa minggu terakhir, ternyata Pertamina menjual gas non subsidi dengan harga murah atau di bawah harga jual usaha niaga gas swasta," kata Sofyano Zakaria saat dihubungi di Jakarta, Kamis (20/8).

Ia menjelaskan, badan usaha niaga gas swasta (blue gas) saat ini, menjual gas non subsidi dalam tabung lima kilogram, dengan harga disekitar Rp20.900/kilogram atau diatas harga jual Pertamina.

"Mengapa harga jual gas tabung 12 kilogram yang dijual Pertamina itu sangat jauh lebih murah dari harga jual swasta," katanya.

Menurutnya, pemerintah harus menaruh perhatian penuh terhadap hal ini. Sebab, penetapan harga ini justru memiliki potensi opportunity loss yang besar dan ini berdampak pada kesehatan BUMN itu sendiri.

Apalagi konsumen gas tabung 12 kilogram pada dasarnya adalah golongan menengah keatas. Konsumen pengguna gas non subsidi hanya sekitar 10 persen, dari konsumen gas secara umum.

"Dengan obral harga gas tabung 12 kilogram tersebut, tentu saja pihak swasta tidak akan mampu bersaing dengan BUMN," ujarnya.

Jika harga jual Pertamina dikaitkan dengan keberadaan Pertamina sebagai BUMN yang punya fungsi sosial, menurut dia, hal itu juga tidak sesuai dengan kenyataan yang ada, contoh BUMN Garuda, selama ini menjual tiket penerbangannya rata-rata diatas harga jual tiket penerbangan pihak swasta, katanya.

"Jadi sudah pantas masyarakat golongan mampu dinegeri ini berterimakasih kepada Pertamina, karena selama ini telah menjual gas non subsidi kepada mereka dengan harga yang jauh lebih murah yang dijual badan usaha swasta," ujar Sofyano.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login