IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Kemenko Kemaritiman akan Membawahi ESDM

Kemenko Kemaritiman akan Membawahi ESDM

Written By Indopetro portal on Saturday, 15 August 2015 | 16:43

indoPetroNews.com-Susunan Kabinet kerja Kementerian era Presiden Jokowi dipandang beberapa kalangan tidak tentu arah. Hal itu karena Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman berganti nama menjadi Kementerian Koordinator Maritim dan Sumber Daya.

Menko Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli mengatakan, penambahan kata "Sumber Daya" diperlukan karena selain sektor perikanan dan maritim, Kementerian ini juga mengkoordinasikan sektor pariwisata, perhubungan serta energi dan sumber daya mineral (ESDM).

Bahkan Rizal mengatakan pihaknya akan merapikan undang-undang minyak dan gas bumi (Migas) yang sedang digodok di Parlemen.

Menurut Rizal, dulu RUU Migas itu diajukan paska masa terakhir Presiden Habibie yang diajukan oleh Menteri Pertambangan Kuntoro. Rizal mengenang saat itu dia duduk sebagai penasehat ekonomi angkatan bersenjata, Golkar dan PDIP. Sebagai penasehat ekonomi, Rizal meminta agar RUU Migas itu segera ditolak di DPR RI.

"UU migas itu draftnya liberal dan pro asing banget," kata Rizal, di Jakarta Jumat, (14/8).

Belakangan Muhammadiyah dan NU, menggugat sebagian isi UU migas lewat Mahkamah Konstitusi (MK). Salah satu yang paling krusial misalnya soal produksi dan pemakaian gas di Indonesia. Dalam UU tersebut disebutkan jika Indonesia hanya boleh menggunakan gas sebanyak 25 persen.

"Padahal gas itu banyak dan aman untuk lingkungan, masa tidak bisa dipakai didalam negeri. UU migas akan segera dirapikan untuk kepentingan rakyat. Kita akan bisa pakai gas sepuasnya, kalau ada sisa ya kita ekspor. Akan segera dibahas di DPR nanti," ungkap Rizal. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login