IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Oktober 2015, Izin Beralih Ke BKPM

Oktober 2015, Izin Beralih Ke BKPM

Written By Indopetro portal on Saturday, 15 August 2015 | 16:38

indoPetroNews.com - Dikabarkan, Oktober 2015 mendatang wewenang pemberian izin minyak dan gas bumi (Migas), mineral dan batubara (Minerba), serta Kelistrikan akan berpindah dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), ke Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Menteri ESDM Sudirman Said, mengatakan telah memangkas lebih dari 60% perizinan dalam 6 bulan belakangan. "Ini jumlah yang sangat signifikan, dari total perizinan yang semula berjumlah kurang lebih 222, sekarang tinggal 93 perizinan," kata Sudirman, di Jakarta, Jumat (14/8).

Dari 129 izin, lanjut Sudirman, telah dipangkas dengan cara digabungkan atau dihilangkan. Agar investor semakin tertarik untuk membenamkan modalnya ke Indonesia. "Perizinan yang tumpang tindih, atau bersifat pengulangan dalam durasi waktu yang pendek, atau izin-izin yang bersifat parsial, telah disederhanakan atau digabungkan," katanya.

Menurut Sudirman, izin-izin di bidang ketenagalistrikan yang semula berjumlah 52 jenis, termasuk yang dikeluarkan oleh instansi terkait. Saat ini susut menjadi 29 jenis izin saja.

Perizinan di bidang migas, sambung Sudirman, telah dipangkas dari 104 jenis, menjadi 42 jenis. Sementara bidang minerba, semula izinnya 62 jenis, dipangkas menjadi 18 jenis.

Setelah disederhanakan, kata Sudirman, proses pengurusan izin-izin tersebut dialihkan kepada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) BKPM secara bertahap.

Jumlah perizinan yang dialihkan adalah 42 perizinan di bidang migas yang pemberlakuannya dilaksanakan bertahap selama tiga bulan (Agustus, September dan Oktober) dan 11 perizinan di bidang minerba.

Dengan pengalihan ini, maka Kementerian ESDM telah mengalihkan 53 perizinan, menyusul sebelumnya adalah 10 perizinan di bidang ketenagalistrikan termasuk EBTKE, yang telah dilimpahkan pada tanggal 19 Desember 2014.(hes)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login