IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pemerintah Rencanakan Penghapusan Subsidi Solar

Pemerintah Rencanakan Penghapusan Subsidi Solar

Written By kusairi kusairi on Thursday, 27 August 2015 | 16:14

indoPetroNews.com - Pemerintah mempertimbangkan untuk menghapus subsidi BBM jenis solar. Hal tersebut tercetus dari usulan beberapa Anggota Komisi VII DPR RI. Pasalnya harga minyak dunia saat ini terus mengalami kemerosotan. Diketahui saat ini harga minyak dunia berkisar dibawah angka US$ 40 per barel.

Menteri ESDM, Sudirman Said mengatakan, dengan kondisi harga minyak mentah saat ini, menurutnya subsidi solar yang telah ditetapkan sebesar Rp1.000 per liter sejak 1 Januari 2015 sudah tidak relevan. Namun, untuk penghapusan subsidi tersebut, pihaknya masih memerlukan kajian.

"Terkait subsidi, suatu saat harus lepas dari subsidi. Apakah Rp 1.000 merupakan angka yang relevan untuk saat ini? Ini perlu kita kaji lagi," ujar Sudirman, di Jakarta, Rabu (26/8).

Sudirman menambahkan, dalam menentukan besaran subsidi BBM itu, pemerintah kemungkinan akan menentukan harga batas tertentu. Dengan begitu ketika harga minyak dunia mencapai harga batas tertentu, subsidi bisa dicabut. Sebaliknya, ketika harga minyak mentah kembali naik hingga angka tertentu, subsidi bisa diberikan kembali.

"Ada kecenderungan (mencabut subsidi solar) saat ini karena harga minyak begitu rendah," ujarnya.

Menurutnya, pencabutan subsidi solar bisa dijadikan momen untuk mengalihkan subsidi energi sepenuhnya kepada sektor yang lebih produktif, dan bisa dipakai untuk mengakumulasi dana ketahanan energi.

Usulan pencabutan subsidi solar itu antara lain diajukan salah satu anggota Komisi VII DPR RI yang Ramson Siagian. Menurutnya, harga minyak saat ini sudah rendah sehingga tidak perlu lagi ada subsidi BBM solar.Ehs
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login