IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pemerintah Siapkan Minyak Bumi Sesuai Kebutuhan

Pemerintah Siapkan Minyak Bumi Sesuai Kebutuhan

Written By Indopetro portal on Monday, 3 August 2015 | 21:00

indoPetroNews.com - Direktur Pembina Program Migas Dirjen Migas Kementerian ESDM, Agus Cahyono Adi, mengatakan hingga saat ini pemerintah belum melakukan pembelian minyak mentah besar-besaran. Alasannya, karena minyak membutuhkan tempat penampungan atau tangki yang saat ini masih terbatas.

"Kita belum borong minyak, beli masih sesuai kebutuhan. Cadangan penyangga masih sekitar 22 hari," ujar Agus di Jakarta, Senin (3/8).

Padahal, sebelumnya, dengan kondisi harga minyak dunia yang mencapai level US$50 per barel, pemerintah berniat "menimbun" untuk dijadikan cadangan penyangga.

Diakuinya, sebelumnya pemerintah telah mencoba meminjam tangki-tangki milik perusahaan BUMN atau swasta, bahkan pemerintah telah melakukan MoU dengan Adaro terkait peminjaman tangki.

Sebelumnya, pengamat kebijakan energi Puskepi, Sofyano Zakaria, mengatakan dengan kondisi harga minyak dunia yang menurun saat ini, PT Pertamina Persero untuk tidak mengambil tindakan gegabah, seperti memborong minyak secara besar-besaran. Karena nantinya justru akan menjadi bumerang bagi Pertamina sendiri.

Menurut Sofyano, selain tangki penampungan yang terbatas, pergerakan harga minyak dunia sulit diprediksi. Jika Pertamina memborong minyak besar-besaran saat ini, belum tentu ke depan harga minyak akan naik, bahkan bisa turun lagi, dan itu akan menimbulkan kerugian besar.

Di saat harga minyak di level terendah beberapa waktu lalu, pemerintah menolak menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) dengan alasan ingin membangun cadangan. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login