IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pemerintah Tawarkan Sistem Tukar Aset Antar KKKS

Pemerintah Tawarkan Sistem Tukar Aset Antar KKKS

Written By Indopetro portal on Monday, 31 August 2015 | 09:20

indoPetroNews.com - Manajemen PT. Pertamina (Persero) menyatakan sepakat dengan niat pemerintah yang akan memberlakukan sistem tukar aset, kepada Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang wilayah kerjanya akan segera berakhir.

Dirjen Migas Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja, mengatakan pemerintah telah memastikan bahwa wilayah kerja (WK) migas yang berakhir kontrak akan diberikan kepada PT Pertamina (Persero).

Diketahui dalam waktu dekat ada beberapa WK yang akan berakhir kontraknya, seperti Blok Mahakam, Blok Sanga-Sanga dan lainnya. Tukar aset tersebut sebagai wujud pemerintah untuk membesarkan Pertamina. "Dengan begitu, Pertamina berpeluang memperoleh aset di dalam dan luar negeri," ujar Wiratmaja di Jakarta, akhir pekan ini.

Wirat menambahkan, untuk blok-blok migas besar yang akan berakhir kontrak, Pertamina sudah menyampaikan minat kepada pemerintah, salah satunya seperti Blok Mahakam. Model tukar guling aset tersebut akan diberlakukan kepada setiap KKKS yang masih ingin terlibat dalam pengelolaan blok migas di Indonesia.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya terkait masih terlibatnya Total E&P Indonesie dalam pengelolaan Blok Mahakam, dikarenakan ada tawaran pihak Total E&P Indonesie agar Pertamina dapat mengelola aset milik Total di luar negeri. Pertamina pun menyatakan ketertarikannya dengan metode tersebut, namun sebelum diputuskan perlu ada pertimbangan dari dewan direksi.

Saat ini, Pertamina sendiri sudah memiliki aset di Irak, Australia dan Malaysia.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login