IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pertamina Gandeng PT KA Konversi Solar ke LNG

Pertamina Gandeng PT KA Konversi Solar ke LNG

Written By Indopetro portal on Saturday, 29 August 2015 | 11:55

indoPetroNews.com - PT Pertamina (Persero) akan mengkonversi penggunaan High Speed Diesel (HSD) menjadi Liquid Nature Gas (LNG) untuk kegiatan operasional kereta api diseluruh Indonesia.

Hal tersebut dikatakan Direktur Utama (Dirut) PT. Pertamina (Persero), Dwi Soetjipto dalam Penandatanganan Nota Kesepahaman Kerja Sama bisnis dalam rangka sinergi BUMN, PT. Pertamina (Persero) dengan PT. Kereta Api Indonesia (Persero), di Kantor Pertamina Pusat, Jumat (28/8).

Direktur Utama Pertamina mengatakan, apabila kajian ini berhasil maka akan tercapai efisiensi dalam pemanfaatan energi khususnya untuk pengoperasian kereta api yang menjadi transportasi massa andalan di Pulau Jawa.

"Sebuah momentum bersejarah, melalui kerjasama ini banyak hal yang kita kembangkan. Kerjasama dalam konversi solar ke LNG ini akan sangat mendukung kebijakan pemerintah dalam penggunaan gas alam untuk transportasi umum khusus di kota besar," ujar Dwi.

Selain itu, Dwi menambahkan untuk pengangkutan BBM, non-BBM dan produk gas Pertamina, produk gas nantinya akan dibuat Rail Tank Wagon (RTW), sebagai upaya mendorong pendayagunaan aset masing-masing kedua BUMN serta penggunaan produk-produk Pertamina untuk kegiatan operasional PTKAI.

"Nilainya cukup besar. Misalnya, nanti jalur pipa yang akan gunakan lahan kereta api akan berikan value yang sangat besar. Selama ini diangkut dengan truk nanti diangkut dengan pipa," jelasnya.

"Nanti di situ baik minyak dan gas akan besar. Dan dengan infrastruktur yang dibangun yang akan terus besar, misal sekarang Jawa nanti Sumatera. Sekarang kita belum bisa lihat berapa value nya karena nanti akan bertahap," sambungnya.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login