IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pertamina Segera Naikkan LPG 12 Kg

Pertamina Segera Naikkan LPG 12 Kg

Written By Indopetro portal on Monday, 24 August 2015 | 08:57

indoPetroNews.com - Di tengah tingginya beban rakyat saat ini, PT Pertamina (Persero) akan menaikkan harga LPG 12 kg (non subsidi). Apa alasannya?

VP Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro, mengatakan perkembangan harga LPG dari CP Aramco dan kurs US$, mengharuskan Pertamina mengevaluasi harga LPG 12 Kg.

Saat Ramadan dan Idul Fitri beberapa waktu lalu, kata Wianda, Pertamina mempertahankan harga. Dengan pertimbangan untuk menjaga inflasi yang biasanya bergerak dinamis pada saat itu.

Menurut Wianda, mau tidak mau Pertamina harus melakukan penyesuaian harga. Pasalnya jika tidak menaikkan harga LPG non subsidi 12 Kg, terlihat adanya potensi kerugian. Apalagi jika Pertamina mempertahankan harga sementara asumsi CP Aramco dan kurs US$ mengalami kenaikan.

"Dengan penyesuaian harga yang telah mencapai keekonomian, justru bisa menjadi daya tarik bagi hadirnya kompetitor. Dapat menciptakan bisnis LPG lebih sehat di masa mendatang," ucap mantan presenter Metro TV tersebut, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Manajemen Pertamina menghitung, biaya distribusi juga meliputi ongkos barang tersebut sampai ke depot dan biaya perawatan selama elpiji 12 kg berada di depot. Namun, tetap biaya bahan baku dari CP Aramco mendominasi dengan 57 persen.

"Di mana (bahan baku) 65 persen masih diimpor. Tidak bisa dilakukan secara teoritis adalah 50:50. Kalau tanyakan bagaimana dengan pihak lain, yang bisa saya sampaikan adalah hitungan kami faktual," papar Wianda.

Perhitungan ini tentunya berbeda dengan yang dikeluarkan oleh Indonesian Corruption Watch (ICW). Sebelumnya, ICW merilis Pertamina merugikan konsumen elpiji 12 kg mencapai Rp978,3 miliar, dengan harga elpiji mengacu pada CP Amarco. Sedangkan untuk komposisi Propone dan Butane 50:50 serta nilai tukar (kurs) beli BI. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login