IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pertamini Jual Mahal, BPH Migas Berang

Pertamini Jual Mahal, BPH Migas Berang

Written By Indopetro portal on Friday, 21 August 2015 | 08:30

indoPetroNews.com - Minimnya Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) disejumlah daerah pelosok dan menjamurnya penjual bahan bakar minyak (BBM) eceran atau biasa disebut Pertamini, membuat Badan Pengatur Kegiatan Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) menerbitkan Peraturan BPH Migas Nomor 6 Tahun 2015.

Peraturan tersebut dibuat terkait pemberian kesempatan para penjual BBM eceran menjadi sub penyalur, sehingga kegiatanya menjadi legal dan harga BBM yang dijual ditentukan oleh Pemerintah Daerah dengan memperhitungkan biaya angkut.

"Kami mengeluarkan peraturan Nomor 6 Tahun 2015, jadi subpenyalur legal. Cuma harganya ditetapkan pemda," kata Direktur Bahan Bakar Minyak (BBM) Badan Pengatur Kegiatan Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), Hendry Ahmad, disela forum dialog Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), di kawasan Pancoran, Jakarta, Kamis (20/8).

Para penjual Pertamini ini, dikatakan Hendry, kerap menjual harga BBM dengan harga tinggi. Dan hal tersebut murni kesalahan pemerintah. Karena menetapkan untung yang terbilang kecil untuk pengusaha Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Hal tersebut tidak sesuai dengan modal.

"Untung Rp 280 per liter dengan investasi Rp 20 miliar," ujar Hendry,

Untuk itu BPH Migas meminta masyarakat agar melaporkan penjual Pertamini dengan harga tinggi. Pasalnya, penjual eceran BBM tersebut merupakan penjual ilegal yang tak memiliki izin penyaluran.
Hendry mengatakan bahwa penyalur BBM yang ilegal telah tercantum dalam Undang Undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi. Dalam pasal 55 disebutkan bahwa penyalur BBM subsidi yang melakukan penjualan tak sesuai ketetapan pemerintah akan dipidana paling lama enam tahun dan denda paling tinggi Rp60 miliar.

"Pasal 55 UU Migas yang meniagakan BBM subsidi pengangkutan ilegal kena denda," ujar Hendry.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login