IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Produksi Gas PGN di Texas Naik Lima Kali Lipat

Produksi Gas PGN di Texas Naik Lima Kali Lipat

Written By kusairi kusairi on Wednesday, 26 August 2015 | 11:35

indoPetroNews.com - Anak usaha PT PGN Persero Tbk, yakni PT Saka Energi Indonesia menyatakan bahwa kinerja sumur migas yang berada di Blok Fasken, Texas, Amerika telah menunjukkan kemajuan yang signifikan. Sejak diakuisisi pada Juli 2014, produksi shale gas Fasken hanya 30 juta kaki kubik gas per hari (MMSCFD). Pada saat ini produksi telah melonjak lima kali lipat menjadi 154 MMSCFD.

Direktur Operasional Saka Energi, Tumbur Parlindungan mengatakan, Blok Fasken sendiri dikerjakan oleh Saka Energi bersama Swift Energy. Saat ini produksi Fasken telah mencapai 154 mmscfd, dan diproyeksikan sampai akhir tahun, produksinya terus meningkat sampai 190 mmscfd.

"Kami bersyukur kinerja Blok Fasken telah berjalan sesuai proyeksi. Produksi shale gas yang telah meningkat lebih dari lima kali sejak blok ini mulai berproduksi membuktikan bahwa keputusan strategis ini positif bagi perusahaan," ujar Tumbur di Jakarta, Rabu (26/8).

Tumbur menegaskan, investasi Saka di Blok Fasken merupakan investasi langsung pada lapangan gas dan bukan pembelian saham perusahaan. Dengan investasi langsung pada lapangan gas, maka keekonomian investasi tidak terpengaruh oleh nilai dari perusahaan partner.

Selain itu, menurut Tumbur investasi langsung pada lapangan gas Fasken juga membuat banyak tenaga ahli Saka yang terlibat langsung dalam proses produksi shale gas di Blok Fasken. “Hal ini sejalan dengan tujuan investasi Saka di blok ini yaitu menguasai teknologi know-how, manufacturing process dalam eksploitasi serta menyediakan sumber energi bagi kebutuhan Indonesia ke depan,” kata Tumbur.

Lapangan Fasken memiliki kandungan shale gas hingga sekitar 1 triliun cubic feet gas (TCF). Infrastruktur pipa gas yang mendukung lapangan ini memiliki kapasitas hingga 250 MMSCFD dan dapat melalui LNG plant (Kilang LNG) yang ada di Texas.

"Gas dalam bentuk LNG inilah yang bisa diekspor dari AS ke pasar luar negeri, termasuk ke Indonesia. Kami berharap, blok Fasken ini dapat berkontribusi dalam pemenuhan energi nasional," jelas Tumbur.
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login