IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » SKK Migas : ExxonMobil Dilarang Rem Puncak Produksi Blok Cepu

SKK Migas : ExxonMobil Dilarang Rem Puncak Produksi Blok Cepu

Written By Indopetro portal on Tuesday, 25 August 2015 | 22:27

indoPetroNews.com - Kepala Bagian Humas Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Elan Biantoro mengaku puncak produksi Blok Cepu, Bojonegoro, Jawa Timur sangat berpengaruh dengan kondisi minyak nasional saat ini. Untuk itu pihaknya berharap agar ExxonMobil sebagai operator Blok tersebut, tidak boleh mengerem target produksi tahun ini.

"Produksi tidak bisa di rem. Ada multiplier-nya, pasokan migas itu juga digunakan untuk industri," kata Elan, di Jakarta, Selasa (25/8).

Pernyataan Elan tersebut menanggapi kabar permintaan pemerintah Kabupaten Bojonegoro untuk menunda puncak produksi tahun ini, dengan alasan harga minyak dunia yang terus rontok hingga di bawah US$ 40 per barel.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, Sabtu pekan lalu (22/8), Bupati Bojonegoro, Suyoto telah berkirim surat kepada Presiden Joko Widodo. Beliau menyatakan untuk melakukan penundaan puncak produksi Lapangan Banyu Urip, Blok Cepu, pada akhir tahun ini.

Diketahui, bahwa SKK Migas dan ExxonMobil sudah mengetahui adanya surat tersebut. Dan Elan mengatakan, sebaiknya melihat industri migas jangan hanya dari segi finansial. Jika puncak produksi Blok Cepu ditunda maka akan mempengaruhi pasokan energi secara nasional. Apalagi, 70 persen pasokan energi di Indonesia berasal dari migas.

Selain itu, jika menunda puncak produksi akan menimbulkan ketidakefisienan. Mengingat proyek pengadaan, rekayasa, dan konstruksi Lapangan Banyu Urip juga ditargetkan rampung pada Oktober 2015. "Kalau stop sekarang biaya bisa tambah lagi," kata Elan.

Seperti diketahui, SKK Migas memperkirakan Lapangan Banyu Urip akan mencapai puncak produksinya pada November tahun ini sebesar 205.000 minyak barel per hari. Namun, target puncak produksi tersebut kemungkinan akan meleset. Ehs
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login