IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » SKK Migas Gunakan Aturan Lama untuk Menjual Minyak

SKK Migas Gunakan Aturan Lama untuk Menjual Minyak

Written By Indopetro portal on Saturday, 8 August 2015 | 11:58

indoPetroNews.com - Satuan Kerja Khusus Industri Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengatakan telah memberikan kuasa kepada Kontraktor Kontrak Kerja Sama, ExxonMobil Cepu Limited untuk menjual minyak bagian negara kepada PT Tri Wahana Universal (TWU) dan PT Pertamina (Persero).

Penjualan minyak mentah bagian negara tanpa tender itu berdasarkan surat BP Migas No 0744/BPB0000/2011/S2 tanggal 18 Juli 2011.

Kepala Bagian Humas SKK Migas Elan Biantoro membenarkan bahwa pihaknya masih menggunakan aturan tersebut. “Perubahan BP Migas menjadi SKK Migas berdasarkan peraturan presiden (perpres) adalah bersifat mutatis mutandis. Artinya, aturan dan dokumen administrasi yang diterbitkan BP Migas masih berlaku di era SKK Migas,” kata Elan, di Jakarta, Jumat (7/8).

Selain itu, menurut Elan, masih digunakannya aturan tersebut untuk efisiensi dan keberlangsungan proses bisnis. “Karena kalau semua aturan dan ketentuan BP Migas tidak diberlakukan lagi. Sebagai lembaga yang baru saat itu, SKK Migas tidak bisa langsung running bekerja dan harus membuat aturan-aturan baru yang butuh bertahun-tahun. Jadi, surat-surat BP Migas dan semua dokumen-dokumen ketentuan masih diberlakukan, kecuali untuk hal-hal tertentu,” jelas Elan.

Seperti diberitakan sebelumnya, ExxonMobil diketahui menjual minyak mentah bagian negara dari Lapangan Banyu Biru kepada PT TWU dan Pertamina tanpa melalui tender berdasarkan dokumen surat yang dikeluarkan EMCL pada 8 April 2015 dan 10 April 2015.

Dokumen surat itu bernomor 0528/EMCL/PLAN&COM/2015 dan 0556/EMCL/PLAN&COM/2015 perihal amandemen nomor tiga Perjanjian Jual Beli Minyak Mentah Banyu Urip dengan PT TWU tanggal 31 Agustus 2009 sebagaimana amandemen dari waktu ke waktu (PJBM TWU) dan amandemen nomor tiga Perjanjian Jual Beli Minyak Mentah Banyu Urip dengan PT. Pertamina (Persero) tanggal 20 Agustus 2009 sebagaimana diamandemen dari waktu ke waktu (PJBM Pertamina).
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login