IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » SKK Migas Minta Aturan L/C Dikecualikan

SKK Migas Minta Aturan L/C Dikecualikan

Written By Indopetro portal on Tuesday, 18 August 2015 | 14:54

indoPetroNews.com - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Industri Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), meminta kepada Menteri Perdagangan yang baru, Thomas T Lembong, supaya tidak menerapkan aturan Letter of Credit (L/C) dalam kegiatan ekspor Migas di Indonesia.

Kepala SKK Migas, Amien Sunaryadi, mengatakan, sejak 1 April lalu penerapan L/C sudah dilakukan, namun untuk sektor migas Kemendag masih memberikan penangguhan khusus. Namun, yang diinginkan SKK Migas adalah pengecualian, bukan penangguhan, karena banyak pembeli migas asal Indonesia yang keberatan akan hal tersebut.

"Harapan kita ke Mendag baru (Thomas T Lembong), segera revisi aturan L/C bagi sektor migas. Sekarang masih ditangguhkan, kita berharap dikecualikan," ujar Amien di Jakarta," Selasa (18/8).

Amien menjelaskan, izin ekspor migas dengan penangguhan khusus, terlalu lama. Pasalnya pengusaha yang ingin melakukan ekspor harus minta izin penangguhan dulu ke SKK Migas, lalu diteruskan ke Menteri ESDM, kemudian dari Menteri ESDM ditugaskan Dirjen Migas untuk menelaah, lalu diserahkan ke Menteri ESDM, lalu diserahkan lagi ke Kemendag, penangguhan keluar, kembalikan ke ESDM dan kembali ke SKK Migas, baru diserahkan kembali ke pengusaha untuk melakukan ekspor.

Menurut Amien, pihaknya meminta pengecualian karena hingga saat ini banyak gas bumi yang tidak terserap di dalam negeri, maka dari itu harus dijual ke luar negeri. Dengan penerapan L/C, banyak pembeli yang kesulitan, dan berpotensi untuk berpaling dari Indonesia, atau mencari penjual lainnya. Padahal, gas tersebut tidak bisa disimpan.

Selain itu, saat ini harga jual gas Indonesia masih bagus, jika penerapan L/C dipaksakan, dan pembeli enggan mengikutinya, maka negara akan kehilangan pemasukan. "Ini (L/C) akan merugikan kita, karena kontrak ekspor gas kita banyak yang harganya bagus-bagus," kata Amien.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login