IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » SKK Migas Pinjam Tangki Chevron untuk Pertamina

SKK Migas Pinjam Tangki Chevron untuk Pertamina

Written By Indopetro portal on Wednesday, 19 August 2015 | 08:40

indoPetroNews.com - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengizinkan PT Pertamina (Persero) untuk menggunakan tangki bekas milik PT Chevron untuk tambahan penyimpanan minyak mentah kilang Dumai, Riau dengan kapasitas 600.000 barel.

Direktur Pengolahan PT. Pertamina (Persero), Rachmad Hardadi mengatakan, Kilang Dumai saat ini hanya dapat mengolah pasokan minyak mentah dari blok minyak dan gas bumi yang dikelola PT Chevron Pacific Indonesia.

Dengan tambahan tangki, pihaknya dapat menerapkan skema open access yang membuat fasilitas pengolahan minyak mentah di Dumai bisa mendapat pasokan selain dari Chevron.

"Kami tingkatkan keekonomian kilang dengan membangun tangki baru dengan kapasitas 600 ribu barel," kata Hardadi, beberapa waktu yang lalu.

Rencananya, ada tiga tangki Chevron yang bakal dipakai sebagai penampung minyak mentah yang berasal dari luar Dumai. “Masing-masing tangki memiliki kapasitas 170 ribu barel. Total ada sekitar 510 ribu barel. Dengan penambahan tangki ini maka ada sekitar 1 juta barel dipasok dari luar Chevron,” ujarnya.

Dia menambahkan jika konstruksi tangki sudah dimulai sejak awal 2015. Rencananya pembangunan tangki tersebut bisa rampung pada Desember 2015. “Investasi total US$ 38 juta dan ditargetkan awal 2016 sudah bisa beroperasi,” ujarnya.

Diketahui, Kilang Dumai saat ini memiliki kapasitas 120 ribu barel. Namun saat ini hanya bisa beroperasi sekitar 87-90 ribu barel. Agar kilang tetap bisa beroperasi optimal, maka diperlukan penambahan tangki dengan skema open access.

"Saat ini satu-satunya sumber crude (minyak mentah) kami dari Chevron. Supaya kilang produksi terus maka kami cari sumber alternatif minyak mentah. Kami buka akses untuk bisa masuk ke Kilang Dumai sehingga minyak mentahnya bisa datang dari tempat lain," jelas dia.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login