IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Tiga Pondasi Penting Racikan Sudirman Said

Tiga Pondasi Penting Racikan Sudirman Said

Written By Indopetro portal on Monday, 3 August 2015 | 14:36

indoPetroNews.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said mengatakan, instansi yang dipimpinnya harus mempunyai tiga pondasi penting yang harus dibangun.

Pertama, Kementerian ESDM harus membangun sumber daya manusia (SDM) yang bermutu tinggi. "Jadi, mutu SDM kita, baik di (Kementerian) ESDM, di SKK Migas (Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi), di BPH (Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi), dan juga di institusi penunjang lainnya harus diperkuat," sebut Sudirman Kepada wartawan, di Jakarta, Senin (3/8).

Kedua, lanjut Sudirman, pihaknya juga harus membangun kapasitas nasional (national capacity) agar dapat berhubungan dengan dunia internasional. Caranya dengan ditingkatkannya teknologi, industri, dan database.

"Sehingga kita bisa bergaul dengan dunia internasional. Bukan malah ngumpet, mengisolasi diri," lanjutnya.

Menurutnya, data geologi Indonesia bisa menjadi basis untuk pembangunan tambang maupun mineral. Selain itu, Kementerian ESDM juga harus membangun transmisi supaya peran industri nasional semakin besar selama 5 tahun ke depan.

Pondasi ketiga, Sudirman menambahkan, adalah tata kelola (good governance) yang berprinsip, transparansi, integritas, dan akuntabilitas dapat dibangun. Menurutnya, Kementerian ESDM memiliki otoritas untuk memutuskan hal teknis sesuai dengan arahan strategis dari Presiden.

"Hanya dengan membangun otoritas ilmiah atau otoritas keteknisan, maka intervensi bisa kita jawab dengan baik," katanya. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login