IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » 4 Desember, Indonesia Resmi Aktif Anggota OPEC

4 Desember, Indonesia Resmi Aktif Anggota OPEC

Written By Indopetro portal on Wednesday, 9 September 2015 | 14:47

indoPetroNews.com - Kartel produsen minyak, OPEC, menyatakan jika Indonesia telah membuat permintaan resmi untuk bergabung kembali dengan OPEC.

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak menyambut langkah itu setelah Indonesia menyatakan niatnya pada Juni yang lalu. Demikian seperti dilansir dari AFP, Rabu (9/9).

Indonesia yang kaya sumber daya, perekonomian terbesar di Asia tenggara, adalah bagian dari OPEC selama hampir 50 tahun sampai menangguhkan keanggotaannya pada 2009 setelah menjadi pengimbor minyak bersih.

Kembalinya ke OPEC dipandang sebagai cara bagi Indonesia untuk mengakses pasokan minyak yang lebih murah ketika permintaan melonjak di tengah penurunan produksi dalam negeri.

"Indonesia telah mengajukan permintaan resmi ke Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak untuk mengaktifkan keanggotaan penuh dalam Organisasi," tukas OPEC yang berbasis di Wina mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Selasa.

OPEC mengatakan bahwa Menteri Energi Sudirman Said akan diundang untuk menghadiri pertemuan rutin kartel berikutnya pada 4 Desember di ibu kota Austria yang sekaligus akan meresmikan pengaktifan kembali keanggotaan Indonesia.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login