IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Blok Masela Bisa Lebih Besar dari Blok Mahakam

Blok Masela Bisa Lebih Besar dari Blok Mahakam

Written By Indopetro portal on Tuesday, 22 September 2015 | 16:49

indoPetroNews.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli menyatakan, jika pemerintah kebut pembangunan infrastruktur jaringan pipa gas blok Masela, Maluku, 10 tahun kedepan blok yang terletak di Pulau Aru tersebut akan bisa melebihi blok Mahakam di Kalimantan Timur.

"Manfaatnya yang didapat dari pengembangan wilayah Pulau Aru dalam 10 tahun ke depan bisa bangun kota lebih besar dari Balikpapan. Balikpapan kan ada Blok Mahakam," kata Rizal, di Kantor Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman, Jakarta, Selasa (22/9).

Rizal bilang, pembangunan pipa 600 kilometer, dengan nilai investasi US$ 14,6 miliar hingga US$ 16 miliar tersebut akan menciptakan lapangan kerja, dan industri di sekitar ruas pipa tersebut.

"Dengan fasilitas onshore (daratan) akan menciptakan pekerjaan banyak sekali. Belum lagi jika itu terbangun akan mengembangkan industri petrochemical dan pabrik pupuk," paparnya.

Rizal menambahkan, Blok Masela yang diperkirakan bisa beroperasi pada 2024 tersebut, memilik banyak kandungan gas, potensinya mencapai 10,7 triliun cubic feet (tcf). Karena itu ada rencana membangun infrastruktur pengolahan gas.

Secara finansial, balik modal (Internal Rate of Return/IRR) blok tersebut mencapai 15,04 persen menyumbang pendapatan negara US$ 43,8 miliar.

Ada dua pilihan pembangunan infrastruktur gas. Pertama membangun faslitas pengolahan terapung di laut dengan teknologi terbaru yang memakan biaya US$ 19,3 miliar.

Pilihan kedua adalah membangun jaringan pipa sepanjang 600 km dari Blok Masela yang terletak di Laut Arafuru menuju Pulau Aru dengan investasi US$ 14,6 miliar sampai US$ 16 miliar.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login