IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » CFO BUMN Berkumpul di Pertamina Bahas Krisis Ekonomi

CFO BUMN Berkumpul di Pertamina Bahas Krisis Ekonomi

Written By Indopetro portal on Tuesday, 22 September 2015 | 17:17

indoPetroNews.com - Chief Financial Officer (CFO) Badan Usaha Milik Negara berkumpul di Kantor Pusat PT Pertamina (Persero) untuk bertukar pikiran dan pandangan dalam Forum CFO BUMN terkait kondisi aktual ekonomi nasional dan strategi solutif BUMN untuk menghadapi situasi tersebut.

Forum CFO BUMN merupakan bentuk dukungan terhadap program sinergi seluruh perusahaan pelat merah di Indonesia. Forum ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para CFO BUMN untuk saling melakukan pertukaran informasi, pandangan, dan melaksanakan diskusi pembahasan terhadap berbagai isu dan perkembangan seputar finansial.

Pertemuan ini merupakan lanjutan dari pertemuan pertama di PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. 3 bulan yang lalu, dan kali ini pada tanggal 22 September 2015 merupakan peresmian terbentuknya Forum CFO BUMN oleh Menteri BUMN.

"Dalam forum ini para CFO diharapkan bisa melakukan treasury, reporting, tax, dan budgeting, dan aktif melakukan perubahan business process yang mengarah kepada efisiensi, menerapkan manajemen risiko yang prudent dan sebagai mitra strategis Board Of Director dalam menentukan arah perusahaan," ujar Ari Askhara Danadiputra yang bertindak selaku Ketua Forum CFO BUMN dalam pertemuan di Jakarta, Selasa (22/9).

Dalam menghadapi volatilitas mata uang yang tinggi seperti saat ini, para CFO diharapkan tetap melakukan aktivitas lindung nilai (hedging) yang terukur dan didasari risk management assesment yang prudent.

Di tengah kondisi perekonomian global yang belum menentu, BUMN perlu merapatkan barisan dan memperkuat sinergi karena kondisi seperti ini rawan memicu terjadinya gejolak keuangan.

"Krisis pada 1997 dan 2008 lalu memberikan pelajaran berharga. BUMN mesti bersatu-padu dan meningkatkan sinergi,” kata Ari.

Dalam situasi ekonomi yang cukup menantang kali ini, CFO BUMN dituntut untuk semakin meningkatkan profesionalisme sehingga dapat memberikan value lebih bagi para stakeholder.

"Termasuk bagaimana penerapan program-program cost efficiency dan cost leadership perusahaan dapat menjadi fokus CFO untuk memastikan BUMN dapat survive bahkan bisa mengambil momentum dalam perlambatan ekonomi seperti saat ini," katanya.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login