IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Distribusi LPG Subsidi Capai 56 Juta

Distribusi LPG Subsidi Capai 56 Juta

Written By kusairi kusairi on Thursday, 3 September 2015 | 17:18

indoPetroNews.com - Pemerintah telah melakukan kebijakan konversi minyak tanah ke LPG sejak tahun 2007 dan hingga 2014, realisasi distribusi paket perdana LPG tabung ukuran 3 kg mencapai 56,071 juta paket. Mulai tahun depan, wilayah konversi akan diperluas ke Indonesia bagian Timur yaitu NTB, NTT dan Maluku.

Demikian dikemukakan Dirjen Migas Kementerian ESDM IGN Wiratmaja, seperti dikutip dari laman Ditjen Migas, Kamis (3/9).

Dijelaskan Wiratmaja, konversi mitan ke LPG telah mencakup 29 provinsi. Pada tahun ini, rencananya akan dibagikan 1.128.674 paket perdana. Sementara untuk volume LPG tabung 3 kg pada tahun ini, dari kuota yang ditetapkan sebesar 5,766 juta metrik ton, realisasinya mencapai 3,635 juta metrik ton.

Terkait konversi mitan ke LPG tahun 2016, Pemerintah tengah menyiapkan aturan sebagai dasar hukum pendistribusian LPG tabung 3 kg di NTB, NTT dan Maluku.

Sementara itu mengenai konversi BBM ke LPG untuk nelayan, belum dapat dilakukan tahun ini karena produsen konverter kit di dalam negeri belum memenuhi persyaratan SNI. Padahal sesuai dengan aturan, peralatan tersebut harus memenuhi persyaratan. “Kami usulkan Perpres untuk ini (konversi BBM ke LPG untuk nelayan) dan nanti Kementerian Perindustrian akan mengeluarkan spesifikasi yang harus dipenuhi,” kata Wiratmaja.

Anggota DPR mengharapkan agar Pemerintah meningkatkan pengawasan penggunaan LPG tabung 3 kg agar tidak salah sasaran.Saat ini, digunakan sistem monitoring penyaluran LPG tabung 3 kg berbasis web yang dapat menjangkau hingga ke tingkat agen.Ehs
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login